Perda SOPD Bawa Konsekuensi Perubahan


Kamis, 29 September 2016 - 02:55:48 WIB
Perda SOPD Bawa Konsekuensi Perubahan Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi - Ferizal Ridwan yang selalu mesra menjalankan roda pemeritahan. (ZUL)

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Pasangan Bupati-Wakil Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan, mengu­capkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama pimpinan dan segenap anggota DPRD atas lahirnya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Susunan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) menjadi Peraturan Daerah (Perda), yang berlangsung Selasa (27/9).

 ”Kerja sama yang dicip­takan DPRD dalam mendu­kung dan mensukseskan ber­bagai agenda kegiatan peme­rintahan daerah baik di bi­dang pemerintahan, pemba­ngunan, maupun bidang ke­ma­syarakatan, kami apresiasi setinggi-tingginya,” ujar Bu­pati Limapuluh Kota dan Wakil Bupati Ferizal Ridwan usai ketok palu Ranperda menjadi Perda SOPD, selasa sore itu

Setelah menyimak selu­ruh pendapat akhir masing-masing fraksi yang disam­paikan, lanjutnya, tentunya akan menjadi perhatian pe­merintah akan ditujukan untuk penyempurnaan kebija­kan yang akan kita keluarkan.

“Sebelum Ranperda ini disampaikan ke Gubernur untuk dilakukan evaluasi, akan dilakukan penyesuaian, sesuai dengan usul, saran, dan masukan dari anggota dewan, dengan ketentuan sepanjang sesuai dengan seluruh keten­tuan yang berlaku dan batas kewenangan pemerin­tahan daerah,” ulasnya.

 Terpisah, Bupati Lima­puluh Kota Irfendi Arbi, ketika diminta tanggapannya via telepon genggam, menje­laskan, terkait pelaksanaan Perda tentang pembentukan dan SOPD ini, tentu mem­bawa konsekuensi perubahan terhadap SOPD. “Kami me­min­ta agar semua pihak bisa memaklumi dan menyikapi perubahan tersebut dengan tenang dan berharap Ran­perda yang dibuat telah sesuai dengan ketentuan, mampu mengakomodir seluruh ke­wenangan dan urusan yang dilimpahkan kepada peme­rintah daerah,” ujar Irfendi Arbi.

 Dengan lahirnya perang­kat daerah ini, tentunya berujung kepada peningkatan pelayanan kepada masya­rakat, kemajuan daerah, dan peningkatan taraf kehidupan masyarakat. Selain itu, sesuai dengan mekanisme dan atu­ran yang berlaku, semua dituntut untuk menuntaskan beberapa agenda kebijakan daerah, seperti pembahasan terhadap KUA-PPAS APBD tahun anggaran 2017 beserta perubahan APBD Tahun Anggaran 2016.

 Dalam menuntaskan agen­da pembangunan daerah dan semakin kasibnya waktu hingga tahun anggaran 2016 ini, kami meminta kepada kita semua agar serius dalam setiap rapat kerja dengan DPRD sebagaimana yang telah dijadwalkan.

“Kami ingatkan kepada seluruh SKPD terkait, agar segera menindaklanjuti peru­bahan susunan dan perangkat daerah yang baru. Sebagai­mana yang kita ketahui, pem­bentukan SOPD ini dida­sarkan kepada Undang-un­dang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah,” bebernya lagi.

 Kepada SKPD terkait khususnya dan seluruh SKPD umumnya agar mem­per­siap­kan seluruh pe­rang­kat dan aturan pen­du­kung dari pera­turan dae­rah ini, agar segera mem­buat peraturan kepala daerah tentang numen­kla­tur, struktur organisasi, tugas pokok dan fungsi masing-masing SKPD, serta melaku­kan penyesuaian KUA-PPAS dengan perang­kat daerah yang baru. (h/zkf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 15 Mei 2020 - 13:21:46 WIB

    Perdana! Satu Pasien Positif Covid-19 di Agam Sembuh

    Perdana! Satu Pasien Positif Covid-19 di Agam Sembuh HarianHaluan.com - Satu pasien positif Corona atau Covid-19 di Kabupaten Agam dinyatakan sembuh, pasien yang berinisial J tersebut sembuh setelah dirawat di RSAM Bukittinggi..
  • Sabtu, 11 April 2020 - 22:32:30 WIB

    Esok Lusa, Bos Dempo Menjalani Sidang Perdana

    Esok Lusa, Bos Dempo Menjalani Sidang Perdana PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kasus dugaan suap yang menjerat MYK kepada Bupati Solok Selatan non aktif MZ, segera sidangkan. Pasalnya Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Padang, tela.
  • Senin, 24 Februari 2020 - 22:28:46 WIB

    IMT-GT Momentum Promosi Perdagangan di Sumbar

    IMT-GT Momentum Promosi Perdagangan di Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menyambut baik upaya dan terobosan yang dilakukan Kemenko Ekonomi dan Kementerian Perdagangan RI untuk mendorong peningkatan aktivitas perdagangan dalam kerangka Ind.
  • Senin, 03 Februari 2020 - 17:31:39 WIB

    Nasrul Abit : Ranperda Retribusi Jasa dan Usaha Bisa Tingkatkan PAD

    PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Gubernur Sumbar mengintruksikan kepada organisasi perangkat daerah untuk segera menyampaikan peraturan gubenur, sebagai peraturan pelaksana dari peraturan daerah dapat diaplikasikan..
  • Senin, 13 Januari 2020 - 17:51:31 WIB

    Kasus Cerai Tinggi, DPRD Sumbar Akan Evaluasi Perda Ketahanan Keluarga

    Kasus Cerai Tinggi, DPRD Sumbar Akan Evaluasi Perda Ketahanan Keluarga PADANG, HARIANHALUAN.COM - Selama tahun 2019 lebih dari 8.849 kasus perceraian terjadi di Sumbar, persoalan ini mendapat sorotan dari Komisi V DPRD Sumbar. Sekretaris Komisi V DPRD Sumbar, Syahrul Furqan mengatakan, semua pih.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]