Pessel Siap Tingkatkan Populasi Sapi Lokal


Kamis, 29 September 2016 - 02:56:28 WIB

PAINAN, HALUAN — Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan), mencatat perkembangan populasi sapi sudah mengalami peningkatan sebanyak tiga persen pertahunnya. Pemda siap menggenjot peningkatan lebih tinggi lagi.

“Alhamdulilah, jumlah sapi terus mengalami peningkatan sebanyak tiga persen setiap tahunnya. Terhitung sejak awal Agustus-September Sapi yang di produksi mencapai 8225 ekor, diantaranya 6084 ekor untuk Sumbar dan sekitar 2141 lagi untuk Pessel, karena kita memakai sistem akseptor inse­mi­nasi buatan (IB) bagi ternak sapi betina milik masyarakat,” terang Nuzirwan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan kepada Haluan, Rabu (28/9).

Dikatakannya, dari sekian banyak jenis sapi di Indonesia (Plasma Nutfah), maka jenis sapi Pesisir adalah jenis ter­baik untuk hewan potong pada saat hari raya kurban. “Rata-rata berat Sapi Pesisir 350 Kg dengan total daging sebanyak 120 Kg. Ukurannya memang kecil, namun daging­nya padat. Selain itu, Sapi kita juga tahan terhadap cuaca panas, tentu peminatnya sa­ngat banyak hingga keluar daerah,” jelasnya.

Lebih lanjut kata dia, hing­g­a saat ini pihaknya sudah melakukan bermacam sosia­lisasi dan himbauan agar ma­sya­rakat tidak memotong sapi betina yang produktif, sebab hal itu akan mengurangi per­tum­buhan Sapi di Kabupaten Pesisir Selatan. “Saat ini kita sudah menyediakan lahan khu­sus di Kecamatan Lengayang untuk Balai Pengembangan Ternak dan khusus Sapi Potong terdapat di Kecamatan Linggo Saribaganti,” ungkapnya.

Dirinya bersama pihak terkait, terus berupaya untuk meningkatkan jumlah populasi Sapi dengan berbagai program, baik itu melalui anggaran yang dialokasikan melalui APBD kabupaten, maupun provinsi APBN.”Kita juga berupaya meningkatkan kualitas sapi potong dengan cara melakukan perbaikan genetik sapi melalui program IB. Selain itu, melalui perkawinan silang secara lang­sung antara sapi betina lokal dengan pejantan unggul yang didatangkan dari luar daerah seperti sapi bali, sapi peranakan ongol (PO) dan sebagainya,” tutupnya. (h/mg-kis)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]