DIPENDA PASANGI STIKER

Hotel Aliga Menunggak Bayar Pajak


Kamis, 29 September 2016 - 03:04:50 WIB
Hotel Aliga Menunggak Bayar Pajak Kepala Dipenda Padang, Adib Alfikri bersama Plt. Kasat Pol PP Kota Padang, saat memasangi stiker di pintu masuk Hotel Aliga Padang di Jl. Sutan Syahrir, Rabu (28/9). Pemasangan stiker itu sekaitan tunggakan pajak yang tak dibayarkan pihak Hotel Aliga sejak Februari 2016 lalu. (HUDA PUTRA)

PADANG, HALUAN—Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Kota Padang, sepertinya tak main-main terhadap wajib pajak yang lalai dalam menunaikan kewajibannya. Rabu (28/9), Dipenda memasangi stiker di Hotel Aliga yang beralamat di Jl. Sutan Syahrir Alang Lawas, karena menunggak membayar pajak hotelnya sejak beberapa bulan terakhir.

Kepala Dipenda Kota Padang, Adib Alfikri men­jelas­kan, langkah tersebut merupakan salah satu upaya pembinaan, demi me­mak­simalkan perolehan pajak daerah pada tahun 2016. Pemasangan stiker itu terang Adib, sesuatu yang mesti dilakukan berdasarkan Perda No. 8 tahun 2011 tentang pajak daerah.

“Dari data yang kita da­pat­kan, Hotel Aliga ini ter­masuk hotel yang menunggak mem­bayar pajak. Semua pro­ses telah dilakukan dari ber­bagai tahapan. Mulai dari teguran, peringatan hingga panggilan namun juga tidak diindahkan. Terpaksa hotel tersebut kita pasangi stiker dengan ber­tuliskan “hotel ini belum me­lunasi pembayaran pajak h­o­tel”,” kata Adib ber­sama Plt. Kasat Pol PP, Eddy Asri.

Adib mengatakan, de­ng­an pemasangan stiker tersebut pihaknya yakin mampu me­m­berikan shock therapy, se­kaligus menjadi perhatian bagi manajemen hotel agar mau melunasi semua tagihan pajak­nya. Dimana ber­dasar­kan data yang didapatkan, hotel Aliga telah menunggak pembayaran pajak semenjak Februari hing­ga September 2016 ini. Jumlah total yang harus dilunasi se­banyak Rp281 juta, belum termasuk denda.

“Pemasangan stiker ini masih dalam konteks pem­binaan, belum memasuki tindakan tegas. Sebagaimana setiap hotel yang menunggak dalam membayar pajak hotel, wajib diproses sesuai tahapan tanpa terkecuali,” tukasnya.

Lebih lanjut kata Adib lagi, adapun dalam membina wajib pajak hotel maupun restoran pihaknya selalu berkoordinasi dengan me­li­batkan pihak terkait seperti Dinas Kebudayaan dan Pari­wisata selaku pihak yang langsung membina hotel dan restoran. Selanjutnya juga kepada Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Ter­padu Satu Pintu (BPMPT-SP) terkait perizinan dan Sat Pol PP selaku penegak Perda.

“Kita berharap, semoga saja pihak manajemen Hotel Aliga mau melunasi semua tagihan pajak hotelnya dalam waktu dekat. Karena setelah semuanya dilunasi, baru stiker tersebut bisa kita bu­ka,” ujarnya. (h/vie)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 23:17:49 WIB

    Mahyeldi: Tenaga Medis RS Khusus Corona Bakal Menginap di Hotel

    Mahyeldi: Tenaga Medis RS Khusus Corona Bakal Menginap di Hotel PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno telah memutuskan untuk menjadikan dua RSUD di provinsi itu sebagai RS khusus Corona atau Covid-19, yakni RSUD dr Rasidin dan RSUD Pariaman. Hal itu guna mengantisipas.
  • Kamis, 16 Januari 2020 - 10:25:41 WIB

    Pemko Padang Dorong Hotel Ciptakan Kreasi dan Inovasi Kuliner Khas Minangkabau

    Pemko Padang Dorong Hotel Ciptakan Kreasi dan Inovasi Kuliner Khas Minangkabau PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota Padang mengapresiasi langkah Hotel Grand Inna Padang bekerjasama dengan PT. Hotel Indonesia Natour (Persero) untuk mengembangkan dan memperkenalkan masakan khas Minangkabau yaitu de.
  • Kamis, 21 Maret 2019 - 10:16:29 WIB

    Hotel Bertaraf Internasional Bakal Dibangun di Padang

    Hotel Bertaraf Internasional Bakal Dibangun di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Rencana pembangunan hotel di Kota Padang tahun ini, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mendukung penuh rencana tersebut. Ia meminta supaya hotel yang dibangun hendaknya berbintang tiga ke atas..
  • Senin, 19 November 2018 - 09:56:45 WIB

    Padang Butuh 800 Kamar Hotel

    Padang Butuh 800 Kamar Hotel PADANG, HARIANHALUAN.COM – Kota Padang tengah membutuhkan investor yang bersedia menanamkan modal perhotelan, untuk membangun tujuh hotel berbintang atau sekitar 800 kamar hotel guna menyikapi tingginya permintaan hunian ho.
  • Senin, 22 Januari 2018 - 02:42:08 WIB

    Wako Tinjau Basko Hotel dan Mall

    Wako Tinjau Basko Hotel dan Mall PADANG, HALUAN – Wali Kota Padang mulai mengkhawatirkan kondisi kota yang dipimpinnya pascaeksekusi lahan Basko Mall dan Hotel. Padahal, kota ini tengah berkembang, ditambah lagi helatan nasional akan berlangsung di Padang,.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]