MENANG DI EMPAT KATEGORI WHTA 2016

Sumbar Perkokoh Prediket Tujuan Wisata Halal


Kamis, 29 September 2016 - 03:16:17 WIB

PADANG, HALUAN — Keberhasilan Sumatera Barat menjadi wakil Indonesia pada ajang World Halal Tourism Award (WHTA) 2016, menjadi momentum untuk menyatukan gerakan wisata. Sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi besar pengembangan kepariwisataan, konsep wisata halal atau wisata ramah keluarga, dianggap paling tepat untuk dikembangkan di Ranah Minang.

Dalam kompetisi wisata halal nasional, Sumatera Barat memenangkan empat kategori, yaitu sebagai des­tinasi wisata halal terbaik, des­tinasi kuliner halal ter­baik, operator wisata terbaik diraih Ero Tour dan untuk restoran halal terbaik diraih RM Lamun Ombak. Dengan demikian, Sumbar semakin memperkokoh posisinya se­bagai penyandang prediket daerah tujuan wisata halal.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dalam pertemuan dengan Gerakan Nasional Pesona Indonesia (GenPI) Sumatera Barat mengatakan, momentum WHTA 2016 sebagai elemen menyatukan langkah menggerakkan p­a­riwisata Sumbar. “Saya ikuti banyak group diskusi WA dan banyak mendapatkan ma­sukan. Sumbar sudah me­miliki modal cukup untuk bergerak,” jelas Gubernur.

Gubernur mem­persiap­kan beberapa hal untuk menyatukan seluruh ele­men, yaitu dengan mem­buat surat tim percepatan wisata halal, percepatan regulasi dan pro­gram untuk menyiapkan daerah.

Mantan anggota DPR RI itu juga menyatakan du­kungan dalam vote WHTA 2016. “Secara pribadi di akun sosmed, saya akan sosialisasi maksimal,” kata tokoh yang paham dunia digital itu.

Koordinator GenPI Sum­bar, Tandri Eka Putra ber­harap sosialisasi ini adalah gerakan bersama dan me­libatkan seluruh pihak. “Un­tuk voting wisata halal ting­kat nasional, jumlah voters belum maksimal dan ma­sih butuh kerja keras untuk mem­bangun kesadaran bersama agar terlibat dalam momen­tum bersejarah ini,” jelas Tandri yang akrab dipanggil Abeng ini.

GenPI Sumbar berharap pemerintah terlibat aktif dalam mengkampanyekan wisata halal ini, termasuk pemasangan media promosi luar ruang oleh seluruh pe­merintah kabupaten/ kota.

Direktur Latifa Con­sul­ting, Yopi Nursali berharap agar Sumbar bisa me­man­faatkan momen menjadi no­mi­nator wisata halal inter­nasional ini. Secara global terjadi kejenuhan wisata, sehingga banyak negara men­­cari alternatif lain untuk menggaet wisatawan. Salah satu yang paling potensial adalah wisatawan dari negara muslim dan Timur Tengah, yang royal membelanjakan uangnya.

Dari pengalaman mem­bran­ding wisata halal di Lombok, putra asli Padang Panjang ini melihat Sumbar punya peluang besar untuk menjadi destinasi wisata halal dunia selanjutnya. Efek dari Wisata Halal setidaknya ada tiga dampak besar yaitu membangun awareness dan loya­litas terhadap pari­wi­sata, daya ungkit terhadap pari­­wisata besar, dan me­ngangkat citra pariwisata daerah.

“Kita harus optimis de­ngan semangat kebersamaan, Sumbar harus menjadi des­tinasi wisata halal dunia 2016,” jelas Yopi. (h/isr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]