Meski Ilegal, Karaoke di Perawang Dibiarkan Beroperasi


Jumat, 30 September 2016 - 02:54:38 WIB

SIAK, HALUAN — Peme­rintah Kabupaten (Pemkab) Siak sampai saat ini belum bisa mengeluarkan izin tempat hi­buran. Padahal, di Perawang sudah ada beberapa karaoke keluarga yang beroperasi secara ilegal dan dibiarkan.

Menurut Kepala Satuan Polisi Pamong Pradja (Kasatpol PP), Hadisanjoyo telah mela­yangkan Surat Peringatan (SP) untuk ketiga kalinya ke pemilik tempat karoke keluarga yang tidak memiliki izin. Akan tetapi, hingga kini tidak ada tindakan tegas walaupun mere­ka tetap beroperasi tanpa izin.

“Tempat karoke keluarga di Perawang, Kecamatan Tualang yang diduga tidak mengantongi izin, yakni My Friend Famly Karoke, Anak Langit Karoke, dan Scorpio,” katanya?.

Hadisanjoyo mengatakan, saat ini pihaknya masih ber­konsultasi dengan pihak ins­tansi terkait, yakni BPMP2T dan dinas pariwisata, karena saat pihak pemilik telah mela­kukan pengurusan izin, akan tetapi Pemkab Siak belum memberikan izin karena ada­nya pengkajian mendalam atas akan dikeluarkannya izin ope­rasi karoke keluarga tersebut.

“SP tiga sudah kita berikan, akan tetapi belum bisa dila­kukan penindakan, karena mereka para pemilik sudah melakukan pengurusan dan masih dalam proses,” ujarnya, Kamis (29/9).

Lebih lanjut dikatakannya, untuk izin tempat karoke kelu­arga di Kabupaten Siak masih perlu pengkajian mendalam dan dituangkan dalam Pera­turan Bupati (Perbup). Hingga saat ini perbup mengenai hal tersebut belum ada, sehingga izin belum bisa diberikan.

Ditempat terpisah, Kepala BPMP2T Siak, Heriyanto me­nga­takan, untuk mendapatkan izin tempat karoke keluarga tersebut harus ada surat reko­mendasi dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dis­parpora) Siak.

“Untuk izin tempat karoke tersebut, kita perlu surat reko­mendasi dari disparpora. Kalau tidak ada, kita tidak bisa me­ngel­uarkan izinnya,” terang Heriyanto.

Sementara itu, Kadis­par­pora Siak, Hendrisan me­nye­butkan, untuk izin tempat karoke tersebut masih dalam proses pertimbangan dan pem­buatan perbup yang mengatur tempat syarat-syarat yang akan dilaksanakan pihak pengelola tempat karoke keluarga terse­but.

“Kita belum ada perbup­nya, masih dalam proses. Jadi, untuk mengeluarkan izin tem­pat karoke keluarga tersebut masih dalam tahap pen­tela­ahan, agar tidak salah menge­luarkan izinnya,” ungkapnya. (h/nas/net)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]