TP-PKK MTS Juara B2SA 2016


Jumat, 30 September 2016 - 02:57:39 WIB
TP-PKK MTS Juara B2SA 2016 Bupati Pasaman, H Yusuf Lubis serius mengamati shorgum, pengganti beras yang disajikan TP-PKK Kecamatan MTS dalam lomba B2SA 2016. (YUDI)

PASAMAN, HALUAN — Tim Penggerak PKK Ke­ca­matan Mapat Tunggul Selatan (MTS), akhirnya tampil sebagai pemenang pada lomba cipta menu beragam, bergizi seim­bang, dan aman (B2SA) tahun 2016 tingkat Kabupaten Pa­saman. 

Tim ini meraih nilai terting­gi dari dewan juri, karena dianggap berhasil menampikan menu terbaik dari 11 peserta lainnya. Mereka menyajikan makanan pokok alternatif selain beras, yaitu shorgum dan nyo­lai.  

Lomba cipta menu tersebut dibuka langsung oleh Bupati Pasaman Yusuf Lubis di ge­dung Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping, Rabu (28/9) ke­marin. 

Pada acara tersebut, peserta lomba dari 12 kecamatan me­nyajikan menu B2SA berbasis sumber daya lokal yang dapat diterapkan sebagai menu kelu­arga sehari-hari.

Hadir dalam lomba itu Kepala SKPD Pasaman, Ketua Tim Penggerak PPK, Ny Gus­tinar Siregar, Ketua GOW Ny Mira Delima, para peserta lomba cipta menu tingkat Pasa­man, serta tim juri lomba.

Bupati Pasaman Yusuf Lu­bis mengatakan, guna memo­tivasi masyarakat agar mau mengonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA), setiap unit kerja yang terkait dengan ketahanan pangan dan kelompok ma­syarakat perlu melakukan sosi­alisasi maupun gerakan secara terus menerus untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta mengubah pola konsumsi pangan ma­syarakat menuju B2SA.

“Menu pangan yang yang disajikan sumber karbohidrat yang digunakan berupa pangan lokal selain beras dan terigu. Hal ini untuk mengurangi keter­gantungan masyarakat terhadap beras sebagai pangan pokok sekaligus mendorong penggu­naan pangan lokal se­perti jagung, singkong, ubi jalar, sagu, pisang, talas dan seje­nisnya dengan tetap memper­hatikan B2SA,” ujar Yusuf Lubis.

Sementara itu, Kepala BP­2KP Pasaman, Rudhastiah menyebutkan, kegiatan lomba cipta menu ini tujuan utama dalam rangka mensosialisasikan konsep menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA).

“Lomba Cipta Menu ini, pesertanya diikuti oleh tim penggerak PKK kecamatan se-Kabupaten Pasaman,” ujarnya.

Dalam lomba tersebut ma­kanan yang disajikan berupa menu untuk tiga hari, yang terdiri dari satu keluarga ayah umur 35 tahun, ibu umur 32 tahun, dan anak perempuan umur 7 tahun. (h/mg-yud)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 18 Februari 2020 - 19:53:34 WIB

    Hadiri Tradisi Maapam di Pasaman Barat, Ketua TP-PKK Berbaur dengan Warga

    Hadiri Tradisi Maapam di Pasaman Barat, Ketua TP-PKK Berbaur dengan Warga PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM -- Ketua TP-PKK Pasaman Barat (Pasbar), Sifrowati Yulianto menghadiri tradisi maapam (memasak Sarabi) basamo di Nagari Kinali, Kecamatan Kinali. Acara Kinali Maapam ini merupakan agenda tahunan.
  • Jumat, 23 September 2016 - 02:27:06 WIB

    Guru dan TP-PKK Ditunjuk Jadi Satgas Anti Narkoba

    Guru dan TP-PKK Ditunjuk Jadi Satgas Anti Narkoba PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pa­saman terus melakukan ber­bagai upaya dalam rangka pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan narko­tika dan obat-obatan ter­larang di daerah itu. .
  • Selasa, 30 Agustus 2016 - 03:25:53 WIB

    TP-PKK Siap Dukung Program Pemkab

    TP-PKK Siap Dukung  Program Pemkab Arosuka, Haluan — Sebagai mitra kerja pe­me­rintah, 10 program pokok TP-PKK sudah meng­gam­barkan mencakup seluruh kebutuhan dasar hidup ma­nusia sejak masih dalam kandungan sampai dengan lanjut usia. Hal ini terungkap.
  • Kamis, 11 Agustus 2016 - 03:48:32 WIB

    Sejumlah Gelar Juara Jambore Diraih TP-PKK

    Sejumlah Gelar Juara Jambore Diraih TP-PKK BUKITTINGGI, HALUAN — Tim Penggerak (TP) PKK Kota Bukittinggi, berhasil mem­persembahkan hasil terbaik pada Jambore TP-PKK terpadu ting­kat Provinsi Sumbar, Sabtu (6/8) di Kandih Camping Ground, Kota Sawahlunto..
  • Rabu, 10 Agustus 2016 - 04:13:20 WIB

    Hoyak Tabuik Ikut Semarakkan Jambore TP-PKK

    Hoyak Tabuik Ikut Semarakkan Jambore TP-PKK PARIAMAN, HALUAN — Tabuik yang jadi icon daerah Kota Pariaman dihoyak di­hadapan Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa pada acara pembukaan Jam­bore TP-PKK Tingkat Su­matera Barat di kawasan camping Kandi Talawi Sa.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]