RSUD Kota Solok Bersiap Menuju Akreditasi B


Jumat, 30 September 2016 - 02:59:27 WIB
RSUD Kota Solok Bersiap Menuju Akreditasi B SEKRETARIS RSUD Solok, Herman sedang memberi penjelasan pada peserta sosialisasi di RSUD Solok Kamis (29/9). Sosialisasi dilaksanakan sebagai persiapan RSUD memperoleh Akreditasi B. (ALFIAN)

SOLOK, HALUAN — Ru­mah Sakit Umum Daerah (RS­UD) Kota Solok kini sedang berbenah diri menghadapi penilaian akreditasi dari Ke­menterian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) yang dilaksanakan minggu terakhir bulan Oktober 2016 men­datang.

Sekretaris RSUD Kota So­lok, Herman, kepada Haluan di RSUD itu Kamis (29/9) me­ngatakan, untuk menghadapi penilaian akreditasi dari tim pusat itu, setiap karyawan, tenaga medis dan paramedis bahkan Satpam dan juru parkir dilakukan sosialisasi melalui kelompok kerja. Sosialisasi itu sudah dimulai sejak Selasa (27/9) dan akan berakhir Sabtu (1/10) lusa.

Pada sosialisasi itu, lanjut Herman, sudah ada kelompok kerja (Pokja) yang dibentuk, ada 15 Pokja yang dilalui dalam sosialisasi oleh masing-masing karyawan, dokter dan lainnya. “Sedikitnya 600 orang yang mengabdi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) me­ngikuti sosialisasi melalui Pokja yang ada. Dalam sosialisasi itu langkah awalnya, peserta men­daftar, kemudian diberikan buku peserta,” sebutnya.

Pada buku itu, lanjut Her­man, peserta melalui tahapan mulai dari Pokja I sampai Pokja 15. Setiap Pokja yang dilalui jika sudah selesai diberi stempel pada buku yang dibawa tadi. Dalam sosialisasi itu ada na­rasumber dan audiens. Nara­sumber menjelaskan tentang bagimana pelayanan di rumah sakit sesuai dengan penem­patan audiens yang ditanya,

Contoh kecil, Satpam mi­sal­nya, ditanya oleh narasumber tentang peranannya sebagai Satpam, kemudian juga jam kerja dan tugas dan tanggung jawab, disamping itu juga dibe­rikan pandangan tentang sistim pelayanan dan lainnya. Begtu juga pada ruangan poli, petugas medis ataupun paramedis juga dijelaskan tentang pelayanan pada pasien dan standar pela­yanan yang harus dilaksanakan tenaga medis dan para medis.

Dalam sosialisasi itu ada­kalanya nara sumber jadi au­dien karena sosialisasi yang dilaksanakan hampir sama dengan geladi resik, nantinya tim dari Kementerian Kese­hatan sebagai tim penilai me­nanyakan tentang berbagai persoalan dalam pelayanan di rumah sakit. Caranya tetap seperti apa yang dilaksanakan saat sosialisasi, namun dilan­jutkan dengan peninjauan la­pangan.

“Rumah Sakit Umum Dae­rah Kota Solok sudah terakre­ditasi C sejak tahun 2015 lalu. Saat ini, kita siap menuju Akreditasi B. Untuk mem­peroleh akreditasi B itu, sangat diperlukan kemampuan perso­nil di samping fasilitas yang sudah mencukupi ini,” pung­kasnya. (h/alf/hel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]