DPRD Sumbar Susun Perda Olahraga


Jumat, 30 September 2016 - 03:29:05 WIB

PADANG, HALUAN — DPRD Sumbar tengah mem­persiapkan Ranperda tentang olahraga. Atu­ran tentang keolahragaan yang sudah mulai disusun tersebut dinilai bisa memuluskan ke­inginan Sumbar jadi tuan rumah PON 2024.

Sekretaris Komisi V DPRD Sumbar Yuliarman me­nga­takan, Ranperda olahraga ada­lah ini­siatif DPRD. Saat ini naskah akademik dari Ran­per­da dimak­sud sedang diper­siapkan.

Dipaparkan Yuliarman, sa­lah satu hal yang mendorong Perda Olahraga dibuat adalah berkaitan dengan adanya ke­inginan Sumbar menjadi tuan rumah PON 2024. Meskipun baru sebatas wacana, menurut Yuliarman, jika dipersiapkan dengan baik keinginan Sumbar untuk jadi penyelenggara PON bukan tak mungkin untuk di­wujudkan.

“Keinginan Sumbar jadi tuan rumah PON akan bisa didukung dengan keberadaan Perda ten­tang olahraga yang akan dibuat ini,” kata Yuliar­man, Rabu (28/9) di Padang.

Salah satu alasan Perda olahr­aga dinilai bisa me­mu­lus­kan keinginan Sumbar jadi tuan rumah PON adalah, karena re­gulasi yang ada nantinya akan mengatur kewajiban pemerintah daerah dalam membina para atlet.

Kemudian bagaimana pe­ngang­garan untuk kegiatan olah­raga itu sendiri. Termasuk  bagaimana peran pihak swasta dalam mendukung pengem­bangan olahraga di Sumbar.

“Jika segala sesuatunya di­atur dengan baik dalam sebuah regulasi, harapan kita Sumbar memang mampu jadi tuan ru­mah dan menunjukkan prestasi yang lebih baik di bidang olah­raga,” pungkas Yuliarman.

Sementara itu, Wakil Ketua Badan Legislasi Daerah (Ba­legda) DPRD Sumbar, Hidayat menyebut karena masih dalam penyusunan naskah akademik belum bisa disampaikan secara detail materi dari Ranperda. Namun demikian secara umum sasaran dari Perda adalah ba­gaimana bidang olahraga ikut serta mendorong pembangunan daerah. Diinformasikannya juga, anggaran untuk membuat satu Perda secara keseluruhan di­perkirakan menghabiskan dana sekitar satu sampai dua miliar. (h/len)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]