KPU PAYAKUMBUH TELITI BERKAS BALON WAKO/WAWAKO

Ada Balon tak Isi Kolom Jenis Kelamin


Jumat, 30 September 2016 - 03:30:36 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh, me­nemukan banyaknya kesalahan dari berkas ketiga pasangan bakal calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota Paya­kum­buh 2017-2022. Berkas tersebut diserahkan ketiga pasangan balon saat pendaftaran yang berakhir, Jumat lalu.

Hal itu dikatakan Ketua KPU Kota Payakumbuh Hetta Mambayu, Rabu (28/9) siang. “Setelah berkas ketiga calon kita teliti, tenyata masih ada yang salah. Padahal sebelum pen­daftaran sudah dijelaskan apa saja yang harus dipenuhi saat mendaftar ke KPU,” terang Hetta Mambayu.

Berkas yang salah tersebut, seperti pada lembaran Model BB.2/KWKI, masih ada salah seorang calon yang tidak men­coret jenis kelamin. “Apakah yang mendaftar ini laki-laki atau perempuan. Ada keraguan soal­nya jenis kelamin tidak mereka isi,” ujar Hetta Mambayu.

Tak hanya itu saja, status perkawinan pun luput dicoret. “Status dari calon ini juga tidak jelas,” terang Ketua KPU Pa­yakumbuh itu.

Saat penelitian berkas pen­calonan satu persatu, KPU juga menemui ada salah seorang calon yang membuat surat ke­terangan kelakuan baik yang dikeluarkan oleh Kapolsek.

“Ini lucu juga. Ada surat kelakuan baik calon yang di­tan­datangi oleh Kapolsek,” tegas Hetta. Seharusnya, untuk surat kelakuan baik bagi calon Kepala Daerah itu harus dikeluarkan oleh Kapolres langsung, bukan Kapolsek, tambahnya.

Ketika ditanya siapa calon Kepala Daerah tersebut, Hetta Mambayu enggan mem­be­rita­hukan­nya. “Tidak etis kita me­nyebutkan kandidat tersebut. Pastinya ada salah seorang dari 6 kandidat yang  sudah men­daftar ke KPU kemarin ini,” ucapnya lagi.

Tak sampai disana saja, masih ada juga berkas dari salah seorang calon yang tidak korelasi dengan KTP yang dimiliki. Seperti pada pengurusan do­kumen di pengadilan negeri. “Di KTP beralamat bukan di Paya­kumbuh tetapi dalam pe­ngu­rusan pada pengadilan malahan di Pengadilan Negeri Pa­ya­kum­buh. Contohnya, kalau KTP di Sulawesi,  dokumen juga harus dari pengadilan di Sulawesi,” jelas Hetta Mambayu.

Kesalahan pada dokumen pendaftaran tersebut, ucap Hetta ditemui pada tiga pa­sangan calon yang mendaftar, yaitu pasangan Riza Falepi-Erwin Yunas, Su­wandel- Fitrial dan Wendra Yunaldi-Ennaidi. “Kesalahan antar ketiga calon, beda-beda. Ini yang masih ditelili oleh petugas KPU,” ucapnya lagi.

Meski banyak dokumen yang salah, tetapi KPU Kota Payakumbuh masih tetap mem­berikan waktu untuk perbaikan dokumen pendaftaran bagi pa­sangan calon tersebut. “Paslon harus memperbaiki berkas pen­calonan mereka. Dan ini ada waktunya yang diberikan oleh KPU,” terangnya. (h/ddg)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 15 Juli 2020 - 11:49:31 WIB

    Komisi I DPRD Sumbar Sebut Beberapa Parpol Tolak Adanya RUU HIP

    Komisi I DPRD Sumbar Sebut Beberapa Parpol Tolak Adanya RUU HIP HARIANHALUAN.COM - Sekretaris Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatra Barat M Nurnas menyampaikan perkembangan RUU HIP di kursi DPR saat ini, terdapat beberapa partai politik yang menyatakan penolakan terhadap .
  • Selasa, 07 Juli 2020 - 22:20:58 WIB

    Begini Protokol Kesehatan yang Harus Dipatuhi pada Pilkada 2020

    Begini Protokol Kesehatan yang Harus Dipatuhi pada Pilkada 2020 HARIANHALUAN.COM – Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan dalam .
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 10:56:09 WIB

    PAN: Pilkada Serentak Paling Ideal Dilaksanakan 2027

    PAN: Pilkada Serentak Paling Ideal Dilaksanakan 2027 HARIANHALUAN.COM - Komisi II DPR RI Fraksi PAN, Guspardi Gaus, menilai pelaksanaan Pilkada serentak pada 2027 merupakan hal yang ideal. Ia menilai Pilkada serentak akan sangat sulit dilakukan bersamaan dengan Pilpres dan Pile.
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 09:48:02 WIB

    Segera Deklarasi Maju Pilgub, Faldo Maldini: Sudah Ada Partai Percaya Orang Muda

    Segera Deklarasi Maju Pilgub, Faldo Maldini: Sudah Ada Partai Percaya Orang Muda HARIANHALUAN.COM - Tokoh muda Sumatera Barat, Faldo Maldini segera mendedikasikan diri untuk maju di pemilihan Gubernur Sumatera Barat. Dirinya mengaku sudah berdiskusi dengan beberapa tokoh partai politik..
  • Ahad, 21 Juni 2020 - 22:48:05 WIB

    Ini Alasan KPU Pentingnya Pilkada Serentak Digelar Desember

    Ini Alasan KPU Pentingnya Pilkada Serentak Digelar Desember HARIANHALUAN.COM - Anggota KPU, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, memberikan setidaknya empat alasan urgensi menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada masa pandemi. Seperti telah dijadwalkan sebelumnya, Pilkada S.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]