HARI INI, ATLET PON DIARAK DARI BIM

Sumbar Peringkat 11


Jumat, 30 September 2016 - 03:42:51 WIB
Sumbar Peringkat 11

BANDUNG, HALUAN — Hari ini, Jumat (30/9) kontingen atlet Sumatera Barat yang mengikuti PON 2016 di Jawa Barat akan kembali ke Padang. Para atlet yang memperoleh medali akan diarak dari Bandara Internasional Minankabau (BIM) menuju Kantor Gubernur menggunakan mobil jeep terbuka.

“Direncanakan kon­ti­ngen akan sampai di Padang pukul 14.30 WIB. Di ban­dara kontingen akan di­sambut oleh Sekda. Guber­nur Sum­bar akan me­nyam­but kon­tingen di rumah din­as­nya,” ujar Plt Ketua KONI Sum­bar Syaiful, Kamis (29/9).

Pada PON 2016 di Jawa Barat, Sumbar berhasil me­raih 14 medali emas 10 medali perak dan 20 medali pe­runggu. Sumbar berada di peringkat 11. Pencapaian medali emas Sumbar me­lampui pencapaian di PON 2012 di Riau dimana Sum­bar hanya memperoleh 12 emas, 12 perak dan 25 pe­runggu.

Syaiful berpesan setelah kembali ke Sumbar baik atlet dan pelatih kembali me­ning­katkan latihan dan prestasi da­lam kejuaraan. Dia ber­harap semua atlet Sumbar yang meraih medali bisa masuk pelatnas dan ikut serta membawa nama In­donesia di tingkat yang lebih tinggi. “Bagi kami ini keberhasilan semua pihak, terutama atlet, pelatih dan official. Kami mengucapkan terimakasih atas doa dan dukungan dari seluruh ma­syarakat Sumatera Barat,” tuturnya.

Pencapaian Kontingen Sumbar di PON Jawa Barat mampu melampaui raihan medali emas pada PON di Riau pada 2012. “Secara target tidak tercapai, namun perolehan 14 medali emas telah melampaui perolehan 12 emas di PON Riau lalu,” kata Plt Ketua KONI Sumbar Syaiful di Bandung.

Pencapaian 14 medali emas itu tidaklah mudah sebab sebelum berangkat PON banyak terjadi per­soalan internal yang sempat mengganggu persiapan. Ke­mudian juga kontingen Sum­bar banyak ditinggal atlet andalan yang hijrah ke dae­rah lain, sehingga ke­kuatan dinilai berkurang. Bahkan nada miring dari beberapa pihak tentang sukarnya Sum­bar meraih emas juga sempat terlontar. “Akan tetapi kon­tingen mem­be­rikan bukti bahwa kelemahan bukan gan­jalan untuk berprestasi,” tambahnya.

Syaiful mengakui pada PON Jawa Barat ini banyak kejutan yang diberikan oleh cabang olahraga. Beberapa cabang yang diandalkan se­perti judo, karate dan sepak takraw gagal meraih emas. Akan tetapi keberhasilan emas dari Bowling, Gantole, dan Tarung Derajat, serta beberapa ca­bang lainnya mampu meng­gantikan kegagalan cabang andalan tersebut. “Bagi kami ini keberhasilan semua tim, khusus bagi atlet dan official cabang olahraga,” ujarnya.

Syaiful berpesan setelah kembali ke Sumbar, baik atlet dan official kembali meningkatkan latihan dan prestasi dalam kejuaraan. Dia berharap semua atlet Sumbar bisa masuk pelatnas dan ikut serta membawa nama Indonesia di tingkat yang lebih tinggi.

Senada ketua kontingen Sumatera Barat, Budi Syukur mengapresiasi pencapaian atlet Sumbar meraih banyak medali di PON kali ini. Selain apresiasi untuk atlet dan official dirinya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Sumbar baik yang ikut rom­bongan PON maupun tidak.

“Sementara inilah pres­tasi terbaik yang kami be­rikan kali ini, ke depan akan diupayakan meningkat,” katanya.

Senada, Ketua Kon­ti­ngen Sumbar Budi Syukur mengapresiasi pencapaian atlet Sumbar meraih banyak medali di PON kali ini. Selain apresiasi untuk atlet dan official dirinya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Sumbar. “Sementara inilah prestasi terbaik yang kami berikan kali ini, ke depan akan diupayakan mening­kat,” ujarnya. 

Sebanyak 14 emas di­sumbangkan oleh tarung derajat dua medali emas, gantole dua medali emas, atletik dua medali emas, pencak silat dua medali emas, kempo dua medali. Kemudian satu emas ma­sing-masing disumbangkan taekwondo, bowling dan binaraga serta gulat.

Sepuluh perak di­sum­bangkan oleh gulat tiga me­dali,  dua medali pencak silat, satu medali kempo, dayung, atletik, Taekwondo dan   sepak takraw. Se­dang­kan dua puluh perung­gu terbanyak disumbangkan atletik dengan lima medali. (h/san)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]