Kandidat Doktor Turki Gelar Kuliah Umum di IAIN IB


Jumat, 30 September 2016 - 03:48:42 WIB
Kandidat Doktor Turki Gelar Kuliah Umum di IAIN IB HIMPUNAN Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang, menggelar seminar internasional tentang Hadits dengan narasumber Susilawati (kanan) dan moderator Noval Wendry (kiri). (HUMAS)

PADANG, HALUAN — Su­si­la­wati A, M.A. ka­n­di­dat Dok­tor ilmu hadis as­al  Marmara University Turki memberikan kuliah umum dalam seminar internasional di IAIN Imam Bonjol Padang. Seminar ini diprakarsai oleh Himpunan Mahasiswa Ju­ru­san (HMJ) Tafsir Hadis Fakultas Ushulu­ddin, Rabu, (28/9) di aula lantai III bertemakan  ”Hadith Stu­dies in Turkey.”

Wadek Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Fakultas Ushuluddin Muslim, mengakui kalau narasumber kali ini adalah alumni Fakultas Ushuluddin. Beliau berhasil menamatkan studinya tahun 2005. Selanjutnya meneruskan pendidikan S.2 Program Pas­ca­­sarjana UIN Syarif Hida­ya­ta­tullah Jakarta dan lulus tahun 2010.

“Makna dari seminar ini yang digelar oleh HMJ kali ini layak diparesiasi. Karena, secara umum kegiatan seminar berskala internasional barulah kali ini terlaksana. Dan yang melaksanakan itu hanyalah ditingkat himpunan jurusan. Mudah-mudahan prodi ini pun bisa terangkat ke level yang lebih tinggi,’’ harapnya.

Sementara itu, Kajur Tafsir hadits Fak. Ushuluddin Sri Chalida, MAg, memberikan dorongan kepada mahasiswa Jurusan Tafsir Hadist untuk menjadi contoh bagi HMJ lainnya dalam rangka melak­sanakan kegiatan yang dapat menambah wawasan ke­ilmu­wan mahasiswa khususnya di bidang Hadits.

Dalam bahasannya di se­mi­nar ini menurut Susila­wa­ti, Islam di Turki saat ini dapat dianggap sebagai alternatif Islam dunia. Karena di­untung­kan dengan letak geografis yang berada di kawa­san Eu­ra­sia, lebih menonjolkan corak esoteris dari pada eksoteris dan tidak melahirkan sosok doktriner.

Tidak hanya itu pemerintah Turki sangat peduli dengan dunia pendidikan tinggi. Pe­me­rin­ta­hn­nya selalu mem­beri­kan  beasiswa bagi maha­siswa yang berasal dari luar negaranya. Salah satunya adalah Indonesia.

“Alasannya, ada rasa sim­patik­nya kepada warga negara kita dibanding negara-negara lainnya. Buktinya saya adalah orang merasakannya,’’ lanjut Susilawati.

Seminar yang dimod­e­ra­tori Dr Novizal Wendry, MA, dosen hadist IAIN Imam Bon­jol Padang. Susilawati juga membahas seputar trend kajian hadist di Turki berkutat seputar nabi dan hadisnya, biografi sahabat, tema dan konsep, ushulul al-hadis, takhrij dan naqd al-hadis, litaratur dan sejarah hadis, posisi hadis dalam agama dan teori pe­ma­haman hadist.

Sejalan dengan yang di­kata­kan narasumber Susilawati dalam seminar ter­se­but,  Novi­zal Wendry yang baru saja meraih gelar Doktor (S.3) di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga beluam lama, juga menegaskan bahwa dis­kursus hadist kawasan se­per­ti negara Turki masih langka dan perlu menjadi perhatian bagi peminat kajian hadis. Turki melahirkan pengkaji hadis sekaliber Fuat Sezgin.

“Fuat Sezgin adalah ilmu­wan hadis penyeimbang dari Timur yang mengkounter argu­ment orientalis Joseph Schact tentang otentisitas ha­dis,’’katanya.

Penyelenggaraan se­mi­nar in­ternasional tentang hadist ini disambut antusias oleh dosen dan para mahasiswa IAIN Im­am Bonjol Padang dan per­gu­ruan tinggi di Sumatera Barat.

Afrianto selaku ketua pa­nitia penyeleng­ga­ra, men­ye­but­kan bahwa, seminar ini meru­pa­kan sejarah tersendiri bagi HMJ Tafsir Hadis dengan meli­batkan sedikitnya 400 orang peserta.

Dan ini bisa dikatakan sejarah terbaru bagi himpunan mahasiswa jurusan. Pola ini akan dilanjutkan secara terus menerus terutama tentang kajian hadis dari negara-negara lainnya. “Sehingga akan me­nam­bah wawasan setiap maha­siswa IAIN IB Padang teru­tama dalam rangka alih status menjadi UIN dan dalam rangka Dies Emas yang akan di­pe­ringati November 2016 men­datang,’’ ujarnya. (h/eni)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 21 Januari 2016 - 04:44:34 WIB
    Pemprov Tutup Rapat Nama Pj Bupati Agam

    Jefrinal Arifin Kandidat Terkuat

    PADANG, HALUAN — Sete­lah cukup lama “tergantung” di Kementerian Dalam Nege­ri (Kemendagri), nama calon Penjabat (Pj) Bupati Agam mulai terkuak. Namun, lagi-lagi Pemprov Sumbar menu­tup rapat nama kandidat ter­se­b.
  • Rabu, 08 Juli 2015 - 19:06:16 WIB

    PKPI Dukung Kandidat Cagub Bermoral

    SUKSESKAN PILGUB SUMBAR

    PADANG,HALUAN —Mes­ki tidak memiliki ke­te­r­wa­kilan di DPRD, namun Par­tai Keadilan Persatuan Indo­nesia (PKPI) Sumbar, tetap berkomitmen untuk m.

  • Kamis, 18 Juni 2015 - 19:03:24 WIB

    Mahyeldi Kandidat Kuat Penerima Satya Lencana Pembangunan Koperasi

    PADANG, HALUAN — Perjalanan panjang mema­jukan perkoperasian di Kota Padang mengantarkan Walikota Mahyeldi Ansharullah sebagai kandidat penerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan Koperasi 2015 dari .

  • Ahad, 31 Mei 2015 - 19:34:44 WIB

    Nasib 4 Kandidat di Tangan Lembaga Survei

    NASDEM SEGERA UMUMKAN NAMA CAGUB SUMBAR

    PADANG, HALUAN — Minggu pertama Juni 2015, Partai NasDem akan mengumumkan hasil survei dari  empat bakal calon Gubernur Sumbar yang mendaftar ke partai be.

  • Selasa, 28 April 2015 - 19:09:18 WIB

    4 Kandidat Adu Visi

    PEMILIHAN REKTOR IAIN

    PADANG, HALUAN — Jelang pemilihan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang, civitas akademika kampus Islami ter­sebut gelar diskusi publik bedah visi mi.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]