69 Guru Bersaing Dapatkan NUCKS


Jumat, 30 September 2016 - 03:49:07 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Sebanyak 69 guru dan pimpinan sekolah mengikuti seleksi kepala sekolah (Kepsek) untuk ditempatkan sebagai Kepsek di tingkatan Taman Kanak Kanak (TK), Sekolah Dasar, dan SMP. Seleksi itu melibatkan tim independen dari Lembaga Penjaminan Mutu Kepala Sekolah (LPMKS).

“Setiap kepala sekolah dan calon kepala sekolah harus punya Nomor Unik Calon Ke­pala Sekolah (NUCKS), untuk itu Disdikpora mela­kukan se­leksi bagi kepsek yang ada termasuk calon Kepsek nan­ti­nya,” kata Sekretaris Di­nas Pendidikan Sawahlunto Eidwar.

Hal itu juga merupakan amanat dari Permendiknas Nomor 28 tahun 2010 yang diperkuat oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang menerbitkan Surat Ke­pu­tusan (SK) Dirjen GTK No­mor: 13899 tentang Pe­nu­n­ju­kan Penetapan Lembaga Pe­ner­bit Sertifikat Kepala Sekolah sebagai lembaga yang menge­luarkan NUCKS.

Nomor Unik Kepala Se­kolah (NUKS) akan menjadi sangat penting, karena tahap ini adalah tahap akhir untuk me­milah serta memilih calon ke­pala sekolah atau madrasah yang layak dan telah me­menuhi persyaratan baik se­cara ad­minis­tratif maupun akademik, serta memenuhi harapan publik.

Untuk seleksi lanjut Ei­d­war,  dilakukan dalam dua tahapan tes akademik dan tes wawancara serta aplikasi prak­tek di sekolah dengan sistim on in kampus selama tiga bulan.

“Untuk Sawahlunto sampai saat ini belum ada kepala sekolah yang memiliki NU­CKS,  untuk itu dinas pen­didikan secara bertahap akan melakukan seleksi bagi kepala sekolah dan calon kepala se­ko­lah sehingga bisa memiliki sertifikat NUCKS sesuai ama­nat peraturan menteri pen­didi­kan nasional tersebut, “ ung­kapnya.

Tahap awal ini baru 30 kepsek yang akan menerima sertifkat ini, sedangkan yang ikut seleksi adalah 69 guru dan kepala sekolah tingkat TK, SD dan SMP. (h/mg-rki)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 08 Juli 2019 - 16:48:07 WIB

    Selasa, 69 CJH Agam Akan Bertolak ke Madinah

    Selasa, 69 CJH Agam Akan Bertolak ke Madinah AGAM, HARIANHALUAN.COM - Puluhan Jemaah Calon Haji (JCH) wilayah Agam Barat diberangkatkan menuju Embarkasi Padang dari halaman kantor Kemenag Agam, Padang Baru, Lubuk Basung, Senin,(8/7)..
  • Ahad, 14 April 2019 - 22:09:33 WIB

    Nilai Ekspor Sumbar Selama Februari Capai US$92,69 Juta

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dari Data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar, nilai ekspor Sumbar selama Februari lalu mencapai US$92,69 Juta..
  • Senin, 01 Agustus 2016 - 11:27:11 WIB

    Beragam Kegiatan di Hari Koperasi 69 Sawahlunto

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Beragam kegiatan warnai Peringatan Hari Koperasi ke 69 tingkat Kota Sawahlunto. Mulai dari mengikuti pameran tingkat nasional, hingga pelak­sanaan jalan santai, serta pertandingan tenis lapangan..
  • Senin, 09 November 2015 - 18:30:09 WIB

    Rp696 M untuk Belanja Pegawai

    RAPBD KABUPATEN SOLOK 2016

    AROSUKA, HALUAN — Meskipun telah mengalami penurunan sebesar 3,62% dibandingkan dengan tahun 2015, namun belanja pegawai ma.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]