Budaya Minta Tolong Harus Dihilangkan


Jumat, 30 September 2016 - 03:53:00 WIB
Budaya Minta Tolong Harus Dihilangkan Walikota Payakumbuh dan Walikota Surabaya bertukar cendra mata, usai penandatanganan MoU di Balaikota Payakumbuh, Kamis (29/9). (ZUL)

PAYAKUMBUH, HALUAN — Walikota Paya­kumbuh, Riza Falepi, kembali menyatakan ke­sungguhannya menerapkan e-Government di Kota Pa­ya­kumbuh dan meminta seluruh jajaran Pemko be­ser­ta masyarakat kota ini memiliki komitmen yang sama. Tekad ini ditekan­kannya pada Kamis (29/9) di ruang kerjanya, kantor Balaikota Payakumbuh.

Menurut Riza, meski sudah mulai diterapkan dalam beberapa tahun ini, e-Gov di kota Payakumbuh masih memerlukan banyak perbaikan. Tujuan e-Gov mewujudkan pemerintahan yang efektif dan efisien belum sepenuhnya terlak­sana. Untuk itu, kata Riza, Pemko dan masyarakat ha­rus memperbaharui komit­men penerapan e-Gov de­ngan mengubah pola pikir tradisional seperti budaya ‘minta tolong’.

“Kita sudah pake e-procurement LPSE, lelang pekerjaan sudah diatur sis­tem, berbasis elektronik semua. Ikuti saja semua prosedur. Jangan sampai ada kata-kata minta tolong,” jelas Riza lagi.

Penerapan e-Gov di Ko­ta Payakumbuh akan meng­adopsi sistem e-Gov Pe­merintah Kota Surabaya. Hal ini sudah disepakati dengan penandatanganan nota kesepakatan bersama tentang Implementasi e-Government Pemerintah Kota Surabaya dan Pela­yanan Perizinan Terpadu Berbasis Eletronik Pe­me­rintah Kabupaten Sido­arjo di Surabaya, beberapa hari yang lalu.

Pada kesempatan itu, 39 kepala daerah lainnya yang tersebar dalam 5 provinsi juga turut menandatangani kesepakatan tersebut. Penandatangan disaksikan langsung oleh Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata dan Gubernur 5 provinsi (Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sulawesi Tengah, dan Jawa Tengah).

Dikatakan Riza, pe­ne­rapan e-Gov di Surabaya sudah menunjukkan hasil nyata untuk efisiensi dan mengurangi celah korupsi. “Sistem e-Gov Surabaya akan kita ikuti secara ber­tahap. Mengingat keter­batasan anggaran. Kalau Surabaya, Bandung ang­garannya banyak. Makanya yang paling penting hilang­kan pola pikir lama itu, secara berangsur kita wu­judkan pemerintahan yang bersih, efektif, efisien mela­lui e-Gov,” tuturnya. (h/zkf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]