Parkir Meter Tak Jalan, Walikota Padang Meradang


Jumat, 30 September 2016 - 04:03:06 WIB
Parkir Meter Tak Jalan, Walikota Padang Meradang Ilustrasi.

PADANG, HALUAN — Be­lum maksimalnya operasional parkir meter sejak diresmikan tanggal 1 September 2016 kemarin, mem­buat Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah meradang. Orang nomor satu di Kota Padang ini berjanji akan menindak pihak-pihak yang bermain dan memper­lambat aktivitas parkir meter.

“Parkir meter ini bentuk harga diri Pemko Padang. Kami yang mengundang investor untuk mengelola perparkiran di Padang ini. Jika gagal dan main-main seperti ini, akan saya tindak siapa orang yang menjadi dalangnya ini. Baik itu dari internal Pemko Padang maupun dari juru parkir liar,” Tegas Mahyeldi kepada Haluan, Ka­mis (29/9).

Ia juga mengatakan saat PT MATA menyanggupi untuk menjalankan Parkir Meter ini, sebenarnya Pemko Padang berharap banyak. Pasalnya, dengan pengelolaan parkir dengan system digital ini mam­pu mengurangi kebocoran ret­ribusi parkir. Jadi, keamanan dan kenyamanan untuk investor ini harus dijamin.

“PT MATA telah menyetor ke kas daerah sebanyak Rp 350 juta dan angka ini telah di­sepakati akan dibayarkan setiap tahunnya. Nantinya hasil keun­tungan dari Parkir Meter ini juga akan dibagi 50-50 kepada Pemko Padang. Berapa banyak nantinya, Pendapatan Asli Dae­rah (PAD) yang bisa diserap dari parkir meter ini. Jadi kenyamanan dan keamanan operasional parkir meter harus dijamin. Nanti akan saya desak Dinas Perhubungan untuk men­stabilkan operasional parkir meter,” kata Mahyeldi.

 Ia juga mengatakan jika parkir meter ini gagal, akan berimbas kepada investasi lain­nya nanti. Karena itu, Parkir meter harus berhasil dijalankan di Kota Padang ini. “Harus berhasil. Tidak bisa tidak. Jika ini sukses, investor lain akan berduyun-duyun masuk ke Kota Padang. Jika ini gagal, dipas­tikan merusak citra investasi Kota Padang sendiri,” katanya.

Kepala Cabang PT MATA, Hardian menuturkan saat ini operasional Parkir meter sedikit terhalang dengan masih ba­nyak­nya juru parkir liar yang berke­liaran di area parkir meter (Jalan Permindo, Niaga dan Pondok). Bahkan income setiap area tidak melebihi Rp20 ribu setiap harinya.

“Persoalannya yang kronis saat ini, masih banyak juru parkir liar yang berkeliaran. Jika tidak ada petugas mereka ber­keliaran. Kalau ada mereka menghilang. Jadi sekarang ini ibarat main kucing-kucingan antara juru parkir lama dengan petugas,” Kata Hardian via seluler.

Ia juga mengatakan tidak bisa terlalu memaksakan juru parkir resmi dari PT MATA untuk bekerja dilapangan kare­na faktor keamanan. Pasalnya, beberapa juru parkir PT MATA sempat diancam oleh juru parkir lama.  (h/mg-ang)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 04 November 2019 - 10:29:29 WIB

    Bisakah Parkir Langganan Jadi Solusi Atasi Masalah Parkir di Padang?

    Bisakah Parkir Langganan Jadi Solusi Atasi Masalah Parkir di Padang? PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Permasalahan parkir masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Kota (Pemko) Padang. Untuk mengatasi itu, rencananya Pemko Padang akan menjalankan parkir berlangganan di Kota Padang. .
  • Kamis, 31 Oktober 2019 - 19:12:43 WIB

    Gagal, Pemko Padang Siap Ambil Alih Lahan Parkir Meter

    Gagal, Pemko Padang Siap Ambil Alih Lahan Parkir Meter PADANG, HARIANHALUAN.COM - Gagalnya program parkir meter di Kota Padang membuat pungutan parkir manual kembali berkuasa. Namun, dalam waktu dekat pemerintah kota (pemko) akan mengambil alih dengan cara kontrak dengan petugas .
  • Kamis, 26 September 2019 - 17:20:12 WIB

    Ternyata Ini Penyebab Parkir Meter Resmi Dihentikan di Padang

    Ternyata Ini Penyebab Parkir Meter Resmi Dihentikan di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) resmi memberhentikan parkir meter yang selama ini terkatung. Pasalnya, pihak ketiga parkir meter tersebut sudah menyerahkan secara hukum ter.
  • Ahad, 16 Juni 2019 - 23:29:52 WIB

    Belum ada Solusi, Rencana Gedung Parkir Baru di Padang Masih Tunggu Investor

    Belum ada Solusi, Rencana Gedung Parkir Baru di Padang Masih Tunggu Investor PADANG, HARIANHALUAN.COM - Minimnya lahan parkir di Kota Padang, Dinas Perhubungan (Dishub) rencananya akan segera bangun gedung parkir di pangkalan angkot samping Polresta Padang. Namun, saat ini pemko Padang masih mencari i.
  • Selasa, 11 Juni 2019 - 18:02:29 WIB

    Dishub Padang Inginkan Seluruh Parkir Dikelola Pihak Ketiga

    PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang merencanakan seluruh parkir di Kota Padang bisa dikelola oleh pihak ketiga nantinya, baik dari perusahaan daerah atau perusahaan swasta. Keinginan ini untuk m.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]