Izin 100 Perusahaan Terancam Dicabut


Jumat, 30 September 2016 - 04:09:18 WIB

PADANG, HALUAN — Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Ter­padu (BKPM-PPT) Sumbar pada 2017 mendatang, akan men­cabut izin sedikitnya 100 pe­rusahaan yang dilaporkan tidak aktif dan tidak beroperasi lagi.

Kepala BKPM-PPT Sumbar, Miswar Dedi melalui Plt Bidang Pengendalian Yuneli me­nga­takan, dalam tahun 2016 ini, setidaknya sudah ada enam pe­rusahaan yang dicabut izin­nya, di an­taranya PT. Jayatama Ge­ma­reksa, PT. Karya Putra Nagari, PT. Angsano Agro An­dalan, PT. Indo Energi Cuba­dak, PT. Golden Arm dan PT. Pebana Adi Sarana. Ke­enam perusahaan itu dinilai tidak lagi aktif.

“Dalam satu tahun kami mem­punyai anggaran untuk BAP 10 perusahan dan sudah di BAP enam. Dalam tahun ini, Insya Allah ada empat peru­sahaan lagi yang akan di BAP,” ungkapnya, Kamis (29/9).

Ia menjelaskan, dari hasil kajian dan peninjauan di la­pangan, banyak perusahaan yang berpotensi untuk dicabut izinnya karena tidak be­roperasi atau tidak aktif lagi. Namun disisi lain, banyak terdapat perusahaan yang masih aktif namun tidak me­laporkan ke BKPM-PPT.

“Untuk melakukan BAP atau mencabut izin ini tidak mudah, banyak prosedur yang harus dilakukan, misalnya de­ngan me­nyurati perusahaan ter­sebut, mencari tahu ke lapangan lang­sung apakah masih aktif atau tidak dan melakukan koordinasi dengan instansi terkait,” ujarnya.

Di Sumbar sendiri masih ba­nyak perusahaan yang eng­gan (tidak melaporkan) apakah pe­rusahaannya masih aktif atau tidak. Tidak sedikit ditemui di lapangan bahwa perusahaan ma­sih aktif, namun tidak me­la­porkan ke BKPM-PPT.

“Makanya kami tidak bisa langsung saja mencabut izin perusahaan yang tidak melapor ini, kadang mereka malas untuk melaporkan, sementara pe­ru­sahaannya masih aktif. Ma­kanya tahun 2017 nanti akan ba­nyak melakukan BAP,” je­lasnya lagi.

Diketahui, tahun 2015 total Perusahaan Milik Asing (PMA) yang telah dicabut izinnya se­banyak 115 perusahaan, se­mentara untuk PMDN ada lima perusahaan. (h/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]