SAMBUT TAHUN BARU ISLAM

Pemkab Pelalawan Gandeng FPI


Sabtu, 01 Oktober 2016 - 03:16:50 WIB

PANGKALAN KERINCI, HALUAN—Dalam rangka menyambut Tahun Baru Is­lam pada 1 Muharram 1438 Hijriyah atau 2 Oktober mendatang, Pemkab Pela­lawan akan bekerjasama de­ngan sejumlah ormas Islam menggelar berbagai kegiatan.

“Benar, kita akan gelar sejumlah kegiatan be­ker­jasama dengan beberpa Or­mas Islam diantaranya FPI, NU, MUI, Muhammadiyah, MDI, ICMI, IKMI, dan Las­kar Melayu Bersatu (LMB),” terang Kabag Kesra, Ak­mamul Hadi, kemarin.

Akmamul menyebutkan bahwa untuk peringatan ta­hun baru Islam kali ini, se­luruh kegiatan acara akan digelar pada Sabtu besok (1/10). Acara dimulai dengan khitanan massal yang dilak­sanakan di Puskesmas 2 Kerinci, sekitar pukul 08.00 WIB.

“Kemudian acara akan dilanjutkan sore hari yakni pukul 16.30 di Mesjid Besar Al-Muttaqin. Acaranya yakni tadarus Al-Quran yang me­libatkan sebanyak 1.100 siswa-siswi SMP dan SMA se Pangkalankerinci,” ujarnya.

Selesai tadarus, sam­bung­nya, akan dilanjutkan dengan pemukulan bedug oleh Bu­pati Pelalawan, HM Harris. Pemukulan bedug ini akan dilaksanakan bertepatan de­ngan pergantian tahun baru Islam, yakni ketika memasuki rembang senja.”Kalau per­gantian tahun baru Islam kan, momennya pas memasuki rembang senja itu. Bukan seperti pergantian tahun masehi yang pertengahan malam,” ujar Kabag Kesra.

Usai itu, akan dilanjutkan dengan sholat Magrib ber­jamaah, kemudian disusul acara Muhasabah yang akan dilaksanakan oleh lembaga ABI Center dari Pekanbaru. Muhasabah ini akan mengisi jeda antara Maghrib dan Isya.

“Kemudian setelah sholat Isya, baru akan digelar tabligh akbar yang mendatangkan 2 penceramah dari Yaman, yakni Al Habib Murtadho bin Abubakar bin Thohir dari Kota Aden, Hadramaut, Ya­man Selatan dan Al Habib Agil bin Abdul Qodir Baraq­bah, yang merupakan alumni Daarul Mustofa, Yaman,” ungkapnya.

Dikatakannya, untuk sesi ceramah ini ditaja oleh FPI sedangkan Pemkab hanya mendukung saja. Namun meski begitu, pihaknya meng­himbau agar ma­sya­rakat Pelalawan khususnya Pangkalankerinci, bisa meng­hadiri tabligh akbar ini. “Un­tuk memeriahkan Tahun Baru Islam ini juga, pihaknya telah mengirimkan surat ke Camat agar ikut merayakan tahun Baru Islam di keca­matannya masing-masing,” tukasnya. (h/hr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]