GUGUR DI PROSES VERIFIKASI

KPU Perpanjang Pendaftaran Peserta Pilkada


Sabtu, 01 Oktober 2016 - 03:24:40 WIB

JAKARTA, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memperpanjang masa pendaftaran bakal calon kepala daerah (balon kada), jika terdapat bakal calon yang tidak lolos pada proses verifikasi.

Komisioner KPU Ferry Kurnia mengatakan, selama verifikasi institusinya melihat sejumlah calon peserta pilkada tidak memenuhi persyaratan. Apabila tidak lolosnya bakal calon mengakibatkan pilkada hanya akan diikuti satu peserta, masa pendaftaran akan kembali dibuka. Pendaftaran juga akan dibuka jika seluruh bakal kepala daerah gugur dalam proses verifikasi.

“Kalau pasca verifikasi calonnya tidak lolos semua, prosesnya pendaftaran akan dibuka kembali sebelum pemungutan suara,” ujar Ferry di Jakarta, Jumat (30/9).

Hingga saat ini, tujuh daerah yang berpotensi menggelar pilkada dengan pesertanya. Ketujuh daerah tersebut adalah Kabupaten Buton, Kabupaten Kulon Progo, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten Pati, Kabupaten Landak, dan Kabupaten Tambrauw.

KPU menyatakan, tujuh wilayah itu telah membuka kembali masa pendaftaran bakal calon kepala daerah karena verifikasi belum selesai dilakukan. Batas akhir masa pendaftaran ulang bakal calon kepala daerah di tujuh wilayah itu berbeda-beda.

“Di Tebing Tinggi pendaftaran kemarin terakhir, Landak itu 1 Oktober, Kulonprogo hari ini, Pati yang tadinya 28 September diubah jadi 3-5 Oktober, Tulang Bawang Barat sudah selesai, Tambrauw 3-5 Oktober, Buton kemarin terakhir,” kata Ketua KPU Juri Ardiantoro dilansir cnnindonesia.

Pada Pilkada 2015, warga di daerah yang memiliki paslon tunggal berhak memilih opsi ‘ya’ atau ‘tidak’ untuk pasangan terkait. Sementara di Pilkada 2017, paslon tunggal akan bertarung melawan kertas suara kosong.

Paslon tunggal dinyatakan kalah jika tak memperoleh lebih dari 50 persen suara. Jika paslon tunggal kalah melawan surat suara kosong, pilkada di daerah itu akan diulang tahun 2018. (h/yan)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 12 Maret 2020 - 23:28:21 WIB

    Leonardy Dorong KPU Padang Panjang Gencarkan Sosialisasi

    Leonardy Dorong KPU Padang Panjang Gencarkan Sosialisasi PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM -- Ada hal menarik saat Anggota Komite I DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa, S.IP, MH berkunjung ke KPU Padang Panjang, Kamis (12/3/2020). Mereka pernah terkesiap dengan rendahnya tin.
  • Rabu, 26 Februari 2020 - 16:10:04 WIB

    KPU Padang Pariaman Sebut Dokumen Salah Satu Calon Perorangan Diterima

    KPU Padang Pariaman Sebut Dokumen Salah Satu Calon Perorangan Diterima PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Setelah dilakukan pemeriksaan dokumen dukungan calon perseorangan pada pemilihan Bupati Padang Pariaman, Ramal Saleh dan Rustam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Pariaman menyatakan dukung.
  • Kamis, 20 Februari 2020 - 14:00:16 WIB

    Pasangan Duo Mas Serahkan 22.599 Dukungan ke KPU Limapuluh Kota

    Pasangan Duo Mas Serahkan 22.599 Dukungan ke KPU Limapuluh Kota LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -- Melangkah menuju proses pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Maskar M Datuak Pobo-Masril menyerahkan berkas dukungan sebanyak 25.599 lembar dari seluruh kecamatan yang ada di .
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 19:24:52 WIB

    Diantar Puluhan Relawan, Endre Syaifoel-Nasrul Serahkan 5 Boks Syarat Dukungan ke KPU

    Diantar Puluhan Relawan, Endre Syaifoel-Nasrul Serahkan 5 Boks Syarat Dukungan ke KPU SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Diantar puluhan relawan BERNAS (Bersama Endre Syaifoel-Nasrul) bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung H Endre Syaifoel dan Nasrul, yang maju melalui jalur independen, Rabu (19/2),.
  • Selasa, 18 Februari 2020 - 13:11:57 WIB

    KPU Padang Pariaman Buka Pendaftaran PPS Pilkada 2020

    KPU Padang Pariaman Buka Pendaftaran PPS Pilkada 2020 PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman membuka pendaftaran Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di Padang Pariaman..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]