Dinas Parekraf Gelar Workshop Peningkatan SDM


Sabtu, 01 Oktober 2016 - 03:28:23 WIB
Dinas Parekraf Gelar  Workshop Peningkatan SDM Kabid Pengembangan Destinasi dan Daya Tarik Pariwisata, Federda, tengah memberikan materi pada wokshop Peningkatan SDM Pariwisata di Rocky Hotel Bukittinggi, Kamis (29/9). (GATOT)

BUKITTINGGI, HALUAN — Guna meningkatkan SDM Pa­riwisata pada empat Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) di Sumbar, Dinas Pari­wisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Provinsi Sumbar meng­gelar workshop Peningkatan SDM Pariwisata di Rocky Hotel Bukittinggi, Kamis (29/9)

Workshop yang berlangsung selama dua hari itu dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sum­bar, yang diwakili Kabid Pe­ngembangan Destinasi dan Daya Tarik Pariwisata, Drs Federda E. MM. Workshop diikuti peserta dari KSPN Bukittinggi dan se­kitarnya.

Dalam kegiatan tersebut Fa­derda mengatakan, workshop yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi aparatur dan pelaku pariwisata yang berada di KSPN Bukittinggi sekitarnya. Workshop  dilakukan dalam ben­tuk tatap muka yang meliputi pemberian materi oleh para narasumber dan diskusi tanya jawab dengan peserta.

Adapun materi yang disajikan dalam workshop selama dua hari itu yakni, paparan kebijakan pengembangan pariwisata Sum­bar, paparan sertifikasi kom­petensi dan sertifikasi usaha dibidang pariwisata, tantangan SDM Pariwisata terhadap pe­ngem­bangan pariwisata berkelan­jutan, paparan strategi pengem­bangan pariwisata daerah, dan paparan strategi pencegahan dan penanggulangan AIDS di destinasi wisata.

Untuk pemateri mengha­dirkan narasumber dari Parekraf Sumbar, Kementerian Pariwisata yang diwakili Asisten Deputi Pengembangan SDM Kepa­riwi­sa­taan Bidang Deputi Pengem­bangan Kelembagaan, Pelaku Pariwisata Jakarta, Dis­bud­par dan Dinas Kesehatan Bu­kittinggi.

“Melalui workshop yang di­lak­sanakan kita tingkatkan SDM Pariwisata pada empat KSPN di Sumbar. Karena untuk me­wujudkan Sumbar sebagai daerah tujuan pariwisata tak cukup dengan berpangku tangan, tetapi harus berusaha dan proaktif memberdayakan serta mening­katkan kualitas SDM pariwisata,” ujar Faderda.

Ia menjelaskan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 50 tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepari­wisataan Nasional (RIPPAR­NAS) Tahun 2010-2025, dan amanat dari Undang undang Nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan yang mengatur pembangunan kepariwisataan di Indonesia, maka wilayah pengem­bangan destinasi pariwisata na­sional diarahkan pada 222 Ka­wasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN) di 50 Destinasi Pariwisata Nasional (DPN), dan 88 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. (KSPN).

“Sumbar sesuai dalam RIPPAR­NAS Tahun 2010-2025 memiliki 4 KSPN, yakni KSPN Bukittinggi sekitarnya, KSPN Singkarak sekitarnya, KSPN Maninjau sekitarnya dan KSPN Siberut sekitarnya,” terang Fa­derda. (h/tot)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]