Permindo Kawasan Ramah Disabilitas


Sabtu, 01 Oktober 2016 - 03:34:47 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Permindo Kawasan Ramah Disabilitas Walikota Padang Mahyeldi mencoba trotoar di Jalan Permindo bersama dengan Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Padang Icun Sulhadi, Jumat (30/9). (MELATI OKTAWINA)

PADANG, HALUAN— Sebagai kota in­klusif, Kota Padang menyediakan kawasan ramah disabilitas. Kawasan ini terletak di Jalan Permindo Padang, dan telah dires­mikan oleh walikota Padang, Jumat (30/9).

Walikota Padang Mahyeldi An­sha­rullah menyatakan, peresmian kawasan ramah disabilitas yang terdapat di Jalan Permindo telah mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Terutama para pe­dagang kaki lima  (PKL) di jalan tersebut.

Mahyeldi menyebutkan bahwa peres­mian ini merupakan langkah awal untuk memperjuangkan hak-hak peyandang disabilitas.

“Kedepannya kawasan lain akan dijadi­kan kawasan yang ramah disabilitas oleh pemerintah kota Padang,”ucap Mahyeldi.

Mahyeldi menyatakan kota Padang tidak hanya sekedar memperhatikan hak-hak disabilitas dari segi fasilitas umum. Namun akan memperhatikan seluruh aspek kehidupan agar para peyandang disabilitas di Kota Padang dapat merasakan hal yang sama dengan masyarakat lainnya.

“Kita tidak hanya memperhatikan masalah fasilitas untuk peyandang disa­bilitas. Namun berbagai aspek lain seperti pendidikan, dan ketenagakerjaan.

Mahyeldi juga menekankan bahwa dalam pemenuhan hak-hak disabilitas pemko tidak akan berhenti di peresmian kawasan Permindo.

“Pada tahun 2017 kami akan meng­anggarkan biaya untuk fasilitas publik bagi penyandang disabilitas. Fasilitas publik seperti jalan maupun transportasi umum bagi disabilitas akan segera dianggarkan. Tak hanya di fasilitas namun Pemko juga akan memberikan ruang kepada disabilitas untuk dapat bekerja di pemerintahan. Ataupun mendorong para disabilitas untuk dapat membuka usaha kecil menengah (UKM)dan membentuk koperasi,” ucap Mahyeldi.

Perwakilan dari Program Spesialis UNESCO Jakarta Iradli Khodeli me­nyambut langkah baik dari peresmian kawasan ramah disabilitas di Jalan Per­mindo. UNESCO akan mendukung penuh upaya pemko untuk menjadikan Kota Padang sebagai kota Inklusif.

Sementara itu Ketua PKL di Jalan Permindo Edi menyatakan bahwa semua pedagang mendukung upaya pemerintah untuk menjadikan kawasan tersebut sebagi ramah disabilitas. PKL di Jalan permindo ini berjumlah sebanyak 130 orang.

Demi mendukung kawasan ini dijadikan ramah disabilitas beberapa hari kebelakang para pedagang tidak berjualan. Agar pengerjaan trotoar cepat terselesaikan. PKL akan kembali berjualan pada Sabtu (1/10).

Dalam peresmian kawasan ramah disabilitas ini, menurut Kepala Dinas Sosial Kota Padang Amasrul  diundang sebanyak 1500 orang peyandang disabilitas dari kota Padang.

Mereka berasal dari 38 sekolah luar biasa (SLB) di Kota Padang. Baik dari tingkatan Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas.

“Untuk di Kota Padang ada 10 orang penyandang disabilitas yang bekerja di pemerintahan. Sedangkan sebanyak 15 orang bekerja di perusahaan swasta,” ucap Amasrul. (h/mg-mel)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 12 Januari 2018 - 01:35:37 WIB
    ALAT SUDAH DIPASANG

    Parkir Meter Permindo Belum Jalan

    Parkir Meter Permindo Belum Jalan PADANG, HALUAN - Meski tiang parkir meter telah dipasangkan kembali, namun hingga saat ini belum berfungsi. Parkir di sepanjang Jalan Permindo masih saja dipungut oleh petugas parkir..
  • Kamis, 12 Oktober 2017 - 05:26:37 WIB
    SUDAH RAMPUNG 87 PERSEN

    Pengerjaan Pedestrian Permindo Terkendala PKL

    Pengerjaan Pedestrian Permindo Terkendala PKL PADANG,HALUAN—Memasuki enam bulan pengerjaan drainase dan trotoar di Pasar Raya Padang yang digunakan sebagai tempat pedestrian mencapai 87 persen. Hingga saat ini pengerjaan telah mencapai Jalan Permindo..
  • Selasa, 26 September 2017 - 03:22:19 WIB

    Alat Parkir Meter Permindo Dicabut

    Alat Parkir Meter Permindo Dicabut PADANG, HALUAN – Sejumlah alat parkir meter yang berada di sepanjang Jalan Permindo saat ini sudah tidak ada lagi. .
  • Jumat, 08 September 2017 - 01:07:42 WIB

    Hargai Sejarah, Tugu Permindo Dipergagah

    Hargai Sejarah, Tugu Permindo Dipergagah PADANG, HALUAN--Sejarah memang tak akan berulang lagi. Namun sejarah memiliki arti penting dan mesti dihargai. Mungkin karena itu pula agaknya, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Padang mencinta.
  • Kamis, 27 April 2017 - 10:51:30 WIB

    Parkir Liar Kembali Marak di Permindo

    Parkir Liar Kembali Marak di Permindo PADANG, HALUAN - Parkir meter yang baru saja berjalan dengan baik, saat ini kembali terganggu. Pasalnya, juru parkir liar kembali beraksi memungut uang parkir kepada masyarakat yang parkir di khawasan parkir meter yang telah .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM