KARHUTLA LEMBAH HARAU BERLANJUT

Gubernur Ajak TNI-Polri Bantu Padamkan Api


Senin, 03 Oktober 2016 - 03:39:32 WIB

PADANG, HALUAN — Menyikapi kondisi bencana kebakaran Hutan di Bukit Lembah Harau Limapuluh Kota, Gubernur Irwan Prayitno mengajak TNI dan Polda Sumbar, ikut serta memberikan bantuan untuk segera memadamkan api kebakaran hutan tersebut.

“ Kita tidak bisa berlama-lama membiarkan kondisi ke­bakaran hutan ini, karena bisa merusak ekosistem dan ke­beradaan hutan Sumatera Ba­rat, bisa merambat juga ke bagian hutan terdekat. Untuk itu kami meminta TNI dan Polda Sumatera Barat untuk ikut serta dalam pe­nanggu­langan bencana kebakaran hutan di Bukit Lembah Harau Kabupaten Limapuluh Kota “, himbau Gubernur usai Upacara Hari Kesaktian Pancasila, ting­kat Provinsi Sumatera Barat di Halaman kantor gubernur, Sabtu pagi ( 1/10).

Gubernur Irwan Prayitno juga mengatakan, saat ini kon­disi peralatan minim, Badan Pe­nanggulangan Bencana Dae­rah (BPBD) Sumbar kesulitan menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla).”Kita butuh bantuan helikopter untuk memudahkan pelaksanakan memadamkan api, dari provinsi tentangga yang memiliki pera­latan tersebut, “ ujarnya.

Sementara itu kepala BPBD Sumbar Nasrizal Patria juga menyampaikan , “Kita hanya miliki mobil jadi susah untuk ke perbukitan untuk mema­damkan api,” ujar Kepala Pe­lak­sana BPBD Sumbar, Nas­ridal Patria.

Peringatan Hapsak

Peringatan Hari Kesantian Pancasila Tingkat Provinsi Sumatera Barat dihalaman kantor gubernur berjalan aman dan lancar, Sabtu (1/10/2016). Hadir dalam kesempatan ter­sebut, Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim, For­ko­pimda, Ketua KNPI, Ketua LKAAM, Kepala SKPD diling­kungan pemprov. Sumbar, pejabat esleon II, III dan IV, Korpri, TNI/Polri, Satpol PP, Mahasiswa, Pelajar dan Ormas pemuda pancasila.

Gubernur Irwan Prayitno selaku inspektur upacara, de­ngan komandan upacara Mayor Pom Yohanes Hapsoro P ( Komandan Polisi Militer Lanud Padang), upacara berjalan baik, tertib dan hitmad. “Kita amat senang saat ini, kondisi ke­tahanan dan keamanan bangsa amat terkendali, nilai-nilai pancasila menjadi landasan ideologi bangsa menjadi se­suatu yang amat berharga untuk kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegera. Ke­damaian dan ketentram hidup masyarakat merupakan modal kuat dalam menjalankan roda pemerintahan dan pem­ba­ngu­nan, “ ujar gubernur Irwan Prayino disela-sela upacara.

Upacara peringatan Has­p­sak yang diikuti hampir semua elemen daerah ini, dalam nuan­sa kekeluargaan guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. “Peringatan hari kesaktian Pancasila di Sumatera Barat, berjalan aman, tertib dan hit­mad. Dengan nilai-nilai pan­casila, kita berharap ma­sya­rakat dan pemerintah dapat terus meningkatkan ker­jasama yang baik dalam me­nyukseskan pembangunan di Sumatera Barat, “ harap gu­bernur seba­gaimana dikutip Humas Sum­bar. (h/dn/*)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]