INFO PENTING BAGI PENSIUNAN

Waspadai Penipuan Mengatasnamakan Taspen


Senin, 03 Oktober 2016 - 03:49:42 WIB
Waspadai Penipuan Mengatasnamakan Taspen Kepala Cabang PT Taspen Persero Padang, Jhon Irwan

 PADANG, HALUAN — Para penisunan diminta mewaspadai aksi penipuan berkedok undian atau pembagian tunjangan dari PT Taspen. Jika pensiunan menerima informasi atau tele­pon seperti itu mengatas­na­makan Taspen, hal itu adalah tidak benar.

Kepala Cabang PT Taspen Persero Padang, Jhon Irwan menegaskan, PT Taspen tidak pernah menjanjikan undian, pembagian deviden, tunjangan atau reward kepada pensiunan peserta Taspen. Untuk itu, dia mengimbau peserta Taspen untuk tidak mempercayai jika ada informasi ataupun telepon tentang hal itu.

“Telepon-telepon undian atau hadiah deviden seperti itu merupakan aksi penipuan. Jangan percayai. Apalagi di­minta mentrasfer uang tunai. Itu sama sekali tidak benar,” kata Jhon Irwan menegaskan.

Dia mengakui cukup ba­nyak pensiunan peserta Taspen yang berhasil diperdaya oleh para penipun via telepon tersebut. Pensiunan yang menjadi korban baru diketahui setelah mereka datang ke kantor Taspen yang hendah menjemput hadiah atau deviden yang dijanjikan si penipu.

“Setelah mereka datang dan dijelaskan oleh pegawai Taspen, barulah pensiunan ini sadar kena tipu. Tapi daya, mereka sudah mentransfer uang duluan. Bah­kan, ada pensiunan kita yang sudah tua menangis terisak-isak, karena korban penipuan ini. Kasihan sekali kita,” ujar Jhon Irwan.

Dia menjelaskan, berdasarkan keterangan pensiunan yang men­jadi korban, aksi penipuan dilakukan oknum via telepon mengatasnamakan Taspen. Dalam pembicaraan di telpon tersebut, si penipu mengatakan Taspen ada program undian, ada pula deviden atau pembagian keuntungan, dan juga reward.

Untuk memperdaya sasaran­nya, si penipu mengatakan kepada pensiun untuk mentransfer uang dimana jumlah pembagian keun­tungan tergantung hitung-hitu­ngan besar uang yang ditransfer pensiun. Awalnya ada yang minta Rp 2 juta. Setelah sasarannya mentransfer Rp2 juta, lalu dirayu lagi tambah Rp2 juta lagi agar nanti bisa mendapat devidennya besar pula.

“Bahkan, ada yang sudah kena mentransfer sampai Rp8 juta. Setelah itu ditelpon minta tambah lagi. Lalu karena pensiun yang menjadi sasaran ini tidak ada uang lagi untuk menambah seto­ran awal. Si penipu dangan ‘enak­nya’ mengatakan “silahkan ba­pak/ibu ke kantor Taspen menjem­put dana deviden tersebut”.

“Lalu datanglah bapak/ibu ini ke Taspen menagih dana deviden yang dijanjikan si penelpon penipu tadi. Sampai di Taspen inilah baru diketahui bahwa me­reka telah kena tipu. Kasihan sekali kita. Untuk itu, Taspen mengimbau pensiunan berhati-hati terhadap aksi penipuan mengatasnamakan Taspen ini,” imbau Kacab Taspen Padang yang gerah terhadap aksi penipuan tersebut.

Untuk mengantisipasi aksi penipuan tersebut, Taspen men­sosialisasikan melalui media.  Taspen juga mengajak segenap masyarakat dan pembaca koran ini untuk memberikan informasi kepada tetangganya yang pen­siunan terkait aksi-aksi penipuan berkedok Taspen yang kembali marak tersebut.

“Kami juga sudah laporkan aksi penipuan ini kepada Bapak Gubernur. Kami minta para ASN/PNS yang merupakan peserta aktif juga waspada dan membe­rikan informasi penipuan ini kepada sanak saudara dan tetangga

Perlu diketahui, lanjut Jhon Irwan, pelayanan PT Taspen kepa­da pegawai negeri dan pensiunan bersifat cuma-cuma alias gratis. Begitu juga untuk pembayaran uang pensiun dibayarkan melalui transfer via bank-bank kerjasama dan PT Pos

“PT Taspen memberikan pem­bayaran pensiunan kepada peserta dibayarkan melalui transfer, bank ataupun pos. Jadi tidak ada tran­saksi pembayaran tunai di kantor Taspen. Jadi jika ada penipun suruh menjemput uang pemba­gian deviden ke kantor Taspen, jelas ketahuan penipuannya. Jika masih ragu, pensiunan atau ASN/PNS dan masyarakat bisa menda­patkan informasi jelas dengan datang langsung ke kantor-kantor Taspen atau hubungan Taspen call center di nomor 021-500919 atau nomor Kantor PT Taspen Padang (0751) 31152,” tambahnya. (h/adv)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 11 Mei 2020 - 19:48:28 WIB

    Waspadai Peredaran Uang Palsu Jelang Lebaran, Polresta Padang Gencarkan Razia

    Waspadai Peredaran Uang Palsu Jelang Lebaran, Polresta Padang Gencarkan Razia Menjelang lebaran 2020, Polresta Padang mulai mewaspadai penyebaran uang palsu. Penyebaran uang itu biasanya terjadi ketika penukaran kertas uang baru sebagai Tunjangan Hari Raya (THR) yang akan dibagikan kepada keluarga terd.
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 17:02:28 WIB

    Waspadai Potensi Ancaman, Panglima TNI Ajak Kawal Dan Sukseskan Pilkada Tahun 2020

    Waspadai Potensi Ancaman, Panglima TNI Ajak Kawal Dan Sukseskan Pilkada Tahun 2020 PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, tidak berapa lama lagi akan dihelat secara serentak. Pasalnya saat ini telah, terlihat baliho para calnon di jalan-jalan, namun demikian pelaksanaan pi.
  • Selasa, 15 Januari 2019 - 11:07:13 WIB

    Waspadai Air Sungai Meluap di Padang

    Waspadai Air Sungai Meluap di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Masyarakat Kota Padang yang biasa menggunakan air sungai untuk kehidupan sehari-hari, seperti mencuci, mandi dan hal lainnya diharapkan bisa terus waspada dengan air bah yang datang secara tiba-tib.
  • Jumat, 09 Desember 2016 - 01:19:27 WIB

    Waspadai Segmen Suliti

    PADANG, HALUAN — Meski patahan gempa Aceh tak melewati jalur Sumbar, namun pakar gempa dari Universitas Andalas Padang Prof Badrul Mustafa mengingatkan bahwa warga Sumbar tetap harus waspada. Alasannya, karena Sumbar dilewa.
  • Selasa, 18 Oktober 2016 - 02:17:41 WIB
    JALAN PADANG-SOLOK KEMBALI NORMAL

    Waspadai Longsor Susulan

    Waspadai Longsor Susulan PADANG, HALUAN - Pasca longsor yang terjadi di Kilometer 25, Jalan Raya Pa­dang-Solok, tepatnya di kawasan Pano­rama 2, Kecamatan Lubuk Kilangan, arus lalu lintas di kawasan tersebut sudah kembali normal. Hanya saja, dari p.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]