Konco Arek 88 IASMA Satu Bukittinggi Bangun Masjid di Palangkitangan


Senin, 03 Oktober 2016 - 18:35:43 WIB
Konco Arek 88 IASMA Satu Bukittinggi Bangun Masjid di Palangkitangan Rombongan IASMA Negeri Satu Landbouw Bukittinggi bersama Bupati Indra Catri di Palangkitangan.
IASMA Satu Bukittinggi Bangun Masjid di Palangkitangan
 
 
LIMAPULUH KOTA, HALUAN-Ikatan Alumni SMA Negeri Satu Landbouw Bukittinggi angkatan 88 bersama rombongan alumni lintas angkatan, Minggu (2/10/2016), melaksanakan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Masjid di Dusun Palangkitangan, Jorong Kampuang Melayu, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten 50 Kota.
 
Ketua pelaksana pembangunan Masjid dari angkatan 88 IASMA Satu Landbouw Bukittinggi Dedi Vestrawan mengatakan, rencana pembangunan Masjid ini ide awalnya saat melakukan survei tebar hewan qurban, yang dilaksanakan Tim Peduli Kemanusiaan (TPA) IASMA Satu Landbouw Bukittinggi.
Dedi Vestrawan menerangkan, dari pembicaraan dengan tokoh masyarakat Dusun Palangkitangan ini, berlanjut menjadi pembicaraan serius, karena mereka ingin mendengarkan suara azan dikala masuknya waktu shalat lima waktu.
Wacana pembangunan masjid ini mendapat respon positif dan dukungan dari alumni SMA Negeri Satu tingkat pusat, alumni tingkat Sumatera Barat, serta seluruh alumni yang berada di Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi.
 
Pemuka masyarakat Dusun Palangkitangan yang juga pemilik tanah lokasi pembangunan Masjid Edi Khatib mengatakan, daerah ini merupakan jalur lintas antara Kabupaten Agam dan Kabupaten 50 Kota, dengan ketinggian 700 meter dari permukaan laut, dan sekarang sudah terbuka jalan Provinsi, maka dari itu sudah layak adanya Masjid yang dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar, begitu juga bagi tamu yang sengaja lewat di daerah ini.
 
Sementara itu Bupati Agam Indra Catri yang juga ketua alumni SMA Negeri Satu Bukittinggi tingkat Sumatera Barat, mengucapkan terima kasih pada masyarakat Palangkitangan yang telah menyambut kehadiran alumni dari lintas angkatan ini, khusus nya angkatan 88 yang berinisiatif mendirikan Masjid. “Alumni SMA satu bukittinggi tersebar di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Kabupaten 50 Kota, dan kegiatan bakti sosial merupakan salah satu bentuk kerja nyata alumni membantu masyarakat,” jelasnya.
Menurut Indra Catri, divisi Ikatan Alumni SMA Negeri Satu juga telah membentuk Tim Peduli Kemanusiaan merupakan ujung tombak untuk melaksanakan kegiatan sosial ini, dengan sejumlah agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun mulai dari operasi katarak, tebar hewan kurban, hingga membantu masyarakat yg berada dibawah garis kemiskinan.
 
Ketua DPRD Provinsi Suatera Barat diwakili Martias Tanjung menjelaskan, pembangunan Masjid di Dusun Palangkitangan merupakan inisiatif dari alumni SMA Negeri Satu bukittinggi angkatan 88 yang perlu diapresiasi, karena masjid merupakan rumah ibadah umat muslim, dan mengingat di dusun Palangkitangan ini jarak masjid jauh dari perkampungan penduduk. "Untuk kelancaran pembangunan DPRD Sumatera Barat memberikan sumbangan 100 sak semen, dan diharapkan proses nya berjalan dengan lancar, sehingga nantinya berdiri rumah ibadah yang dapat dimanfaatkan masyarakat secara utuh, dan pada masyarakat setempat juga diharapkan agar membantu seluruh proses pembangunan,” tukasnya.
 
Ketua DPRD Kabupaten 50 Kota Syafaruddin Datuak Bandaro Rajo  dan Bupati 50 Kota diwakili Camat Gunuang Omeh Irwandi  bersama Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten 50 Kota Gusman Piliangjuga  juga mengucapkan  terima kasih pada Alumni SMA Negeri 1 Bukittinggi, dan menyampaikan pesan dari Pemerintah Daerah yang juga ikut membantu kelancaran pembangunan Masjid, dengan memberikan bantuan 100 sak semen pada panitia.(h/dn/rel)
 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]