Sasar KTP Pemula, Disdukcapil Turun ke Sekolah


Selasa, 04 Oktober 2016 - 00:56:56 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Setidaknya 619 g pelajar dari tujuh SMA/SMK dan MA se-Kota Sa­wahlunto telah melakukan pe­rekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El).Data tersebut dirilis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat, setelah turun langsung ke sekolah-sekolah tersebut.

Selain terus memberikan laya­nan akte dan adimistrasi ke­pen­dudukan keliling di setiap desa dan kelurahan, Disdukcapil Sawahlunto juga menjemput bola berburu ke sekolah untuk memberi kemudahan bagi pelajar untuk membuat e-KTP. Kita turun ke sekolah menengah tingkat atas memberi kemudahan bagi siswa yang telah berusia 17 tahun untuk memiliki kartu tanda penduduk elektronik,” kata Kepala Disdukcapil Sawahlunto, Lelis Epriyenti kepada Haluan, Senin (3/10).

Kemudahan itu, sebut Lelis, diberikan pihaknya kepada siswa yang telah memenuhi syarat umur punya e-KTP untuk melakukan perekaman, tanpa harus datang ke kantor camat atau ke disdukcapil. Ini juga berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, setiap akhir tahun pelajaran banyak pelajar yang mengurus e-KTP.

Pihaknya ingin pelajar tersebut bisa memiliki e-KTP ketika sudah sesuai umur, sehingga akan me­mudahkan mereka dalam me­menuhi persyaratan adiministrasi ketika lulus untuk melanjutkan study ataupun bekerja dan lainnya.

“Sebelum tamat, mereka sudah memiliki KTP yang akan mem­permudah dalam pengurusan ad­ministrasi lainnya nanti. Kita akan memberikan atau mengirimkan hasil cetak KTP, anggap saja sebagai hadiah ulang tahun me­reka,” sebut Lelis didampingi Kabid Administrasi Kependudukan, Apjul­khir Papua.

Dari jumlah penduduk yang wajib KTP 43,019 jiwa yang telah melakukan perekaman sebanyak 42.754 jiwa atau 99.38 persen dan e KTP yang telah dicetak sebanyak 42.740 atau 99,35 persen. (h/mg-rki)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 18:18:06 WIB

    Pemkab Dharmasraya Minta Dana BLT yang Tak Tepat Sasaran Dikembalikan

    Pemkab Dharmasraya Minta Dana BLT yang Tak Tepat Sasaran Dikembalikan HARIANHALUAN.COM - Masih adanya Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang tidak tepat sasaran, maka Bupati Dharmasraya melalui Sekda menyurati seluruh wali nagari di Dharmasraya, Selasa (2/6/2020). .
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 08:24:17 WIB

    BLT Tak Tepat Sasaran, Warga Ampang Kuranji Dharmasraya Seruduk Kantor Wali Nagari

    BLT Tak Tepat Sasaran, Warga Ampang Kuranji Dharmasraya Seruduk Kantor Wali Nagari HARIANHALUAN.COM -- Penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kabupaten Dharmasraya sudah dibagikan pada masyarakat penerima manfaat. Bantuan sosial tersebut diberikan guna membantu masyarakat di bidang ekonomi yang berdampa.
  • Sabtu, 25 Februari 2017 - 11:31:58 WIB

    Tujuh Kelurahan jadi Sasaran Pengembangan Kampung KB di Padang Panjang

    Tujuh Kelurahan jadi Sasaran Pengembangan Kampung KB di Padang Panjang PADANGPANJANG, HA­LUAN – Setelah sukses dengan capaian di Kampung KB di Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Pa­dang Panjang, Koordinator PKB/PLKB Padang Panjang Timur berencana mengembangkan program serupa di tujuh kelurah.
  • Rabu, 04 Januari 2017 - 15:57:10 WIB

    Aduh, Sijunjung Jadi Sasaran PSK ‘Impor’

    Aduh, Sijunjung Jadi Sasaran PSK ‘Impor’ SIJUNJUNG, HALUAN—Kabupaten Sijunjung berada di wilayah perlintasan dan tentunya banyak yang meminatinya, termasuk dua perempuan terduga PSK ini, YL (47) dan PR (29). Kedua perempuan yang berasal dari Sukabumi, Jawa Barat .
  • Jumat, 16 Desember 2016 - 00:56:19 WIB

    Kemensos Tambah Sasaran PKH 940 Jiwa Lagi

    SOLOK, HALUAN — Kota Solok dipengujung tahun 2016 mendapat kuota tambahan sebanyak 940 jiwa dalam Pro­gram Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial. PKH itu bertujuan untuk pengentasan kemiskinan yang masih menjadi p.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]