Terapkan OPD, Pemkab Tunggu Evaluasi Pemprov


Selasa, 04 Oktober 2016 - 00:58:19 WIB

AROSUKA, HALUAN — Meski telah di­te­tapkannya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Solok beberapa waktu lalu, namun  untuk penerapannya, peme­rintah Kabupaten Solok mesti menunggu persetujuan dan hasil evaluasi dari Peme­rintah Provinsi Sumatera Barat.

“Kita mesti menunggu dulu hasil evaluasi dari Pemprov, apakah ada yang diubah atau disetujui,” kata Kabag Orga­nisasi Pemkab Solok Armaiti Malik, di Arosuka, Senin (3/10).

Pihaknya menyebutkan, OPD yang sudah disepakati bersama DPRD tanggal 16 September 2016 lalu, adalah menin­daklanjuti Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. Perangkat Daerah adalah unsur pembantu kepala daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewe­nangan Daerah.

“Pembentukan perangkat daerah, menurut PP tersebut, dilakukan berda­sarkan asas urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, intensitas urusan pemerintahan dan potensi daerah, efisiensi dan  efektifitas sesuai kebutuhan daerah,” katanya.

Pihaknya menjelaskan, perubahan struktur organisasi Pemkab Solok, menun­tut ketersediaan pegawai yang lebih banyak. Sebab perombakan OPD memung­kinkan terjadinya pemisahan bagian lembaga menjadi dinas tersendiri, atau perubahan SKPD yang meliputi nama, struktur, dan jabatan. 

“Pemkab Solok tengah menghitung berbagai opsi perombakan OPD. Pasalnya selain struktur pegawai, perombakan OPD akan berdampak pada perubahan ang­garan. Meski demikian, pada dasarnya perombakan OPD dilakukan berdasarkan urusan pemerintahan yang ada,” tukasnya. 

Pemkab Solok mengusulkan Struktur OPD seperti Sekretariat Daerah yang akan membawahi 9 Bagian, 3 Asisten dan 3 Staf ahli, Selain itu ada Sekwan, Inspektorat, 17 Badan dan 3 Badan. Dalam OPD tersebut dibentuk OPD yang terbagi dari tiga tipe seperti Sekretariat Daerah, Inspektorat, Dinas Pendidikan, Kesehatan, Dinas PU adalah  termasuk tipe A.

Sementara  Sekretariat DPRD, Dinas Ling­kungan Hidup, Dinas Sosial, Pena­na­man Modal adalah contoh Tipe B dan Dinas Ko­munikasi dan Informatika, Dinas Per­pus­takaan, Dinas BPM adalah tipe C. (h/ndi)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]