Lengayang Baralek Gadang, Ribuan Warga Meriahkan Tahun Baru Islam


Selasa, 04 Oktober 2016 - 01:09:50 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Lengayang Baralek Gadang, Ribuan Warga Meriahkan Tahun Baru Islam Peserta apel akbar penyambutan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1438 H di Lapang Telaga Harapan Kambang Kecamatan Lengayang Pesisir Selatan Minggu (2/10). (HARIDMAN)

PAINAN, HALUAN — Ribuan warga Ke­camatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan sambut tahun baru Islam 1 Muharram 1438 H di Lapangan Hijau Telaga Hara­pan Kambang Barat Minggu (2/10). Penyam­butan tahun baru tersebut diisi dengan kegiatan apel akbar dan pawai ta’aruf keliling.

Kepala KUA Kecamatan Lengayang Gendril Supardi dalam kesempatan tersebut mengatakan, penyambutan tahun baru tersebut sebagai bentuk syukur ummat islam di Lengayang terhadap wak­tu dan kesempatan meng­hirup udara di tahun baru. Panitia menggelar dua ke­giatan besar yakni apel ak­bar yang diikuti santri Ta­man Pendidikan Qur­an (TPQ) dan Taman Pen­didi­kan Seni Quran (TPSQ) serta pawai ta’aruf.

”Dengan ada­nya kegiatan tersebut diha­rapkan dapat meningkatkan pemaha­man ummat islam terhadap nilai-nilai agama dalam kehi­dupan sehari-hari. Kemudian berdam­pak pada perubahan prilaku masyarakat ke arah yang lebih baik,” katanya.

Gendril menyebutkan, pe­serta apel akbar terdiri dari santri TPQ dan TPSQ seluruh nagari di Kecamatan Le­nga­yang.”120 TPQ/TPSQ  dengan jumlah tenaga pen­didik 449 orang,” katanya.

Yusrizal Tokoh masya­rakat setempat mengatakan, masya­rakat menyambut baik kegia­tan penyambutan t­a­hun baru islam tersebut. ”Mudah-mu­dahan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Madinah dapat men­jadi pe­micu hijrahnya perangai um­mat,” ung­kap­nya.

Perayaan penyambutan tahun baru juga dapat duku­ngan dari Muspika, pengu­rus LDS kecamatan dan na­gari, penyuluh agama dan orang tua santri. Di se­keli­ling lapangan juga terlihat warga antusias mengikuti apel akbar.

Selanjutnya Jamalus (35) pendakwah muda di Le­nga­yang menyebutkan, pe­nyambutan tahun baru islam dengan apel akbar dan pawai ta’aruf sangat berperan me­ningkatkan kesadaran ge­nerasi muda untuk mem­per­dalam pengetahuan aga­ma.

”Kita berharap lahir ge­nerasi muda bertaqwa dan berka­rakter kuat,” ka­ta­nya.(h/har)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 28 Juli 2016 - 11:05:35 WIB
    HALAL BIHALAL IKWAL AKHIR PEKAN INI

    Perantau Lengayang Bakal Ramaikan PHI Cempaka Putih

    PADANG, HALUAN — Halal bihalal yang merupakan tradisi khas Indonesia menjadi salah satu momentum memperkuat tali silaturahim dan membu­dayakan saling mengenal seka­ligus memahami satu sama lainya tak terkecuali bagi Warga.
  • Jumat, 01 Juli 2016 - 05:58:03 WIB
    Bahas Pemekaran Nagari dan Pemberantasan Narkoba

    TSR Provinsi ke Lengayang dan Lubuak Mangindo

    TSR Provinsi ke Lengayang dan Lubuak Mangindo PESSEL-AGAM, HALUAN — Meskipun tengah dimoratorium, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar akan berusaha untuk menggunakan pendekatan lain dengan pemerintah pusat untuk melakukan pemekaran di beberapa nagari di Sumbar. karena.
  • Kamis, 16 Juni 2016 - 03:09:16 WIB
    Bantu Bajak Sawah Petani

    Babinsa Koramil 04 Lengayang Turun ke Sawah

    Babinsa Koramil 04 Lengayang  Turun ke Sawah LENGAYANG, HALUAN — Tak selamanya tentara ber­tugas di medan perang. Untuk urusan turun ke sawah pun dapat diandalkan. Seperti yang dilakukan Bintara Pem­bina Desa (Babinsa) dari Ko­ramil 04/Lengayang Serda Nur Amrin yan.
  • Senin, 11 April 2016 - 04:33:22 WIB
    Jembatan ‘Maut’ Makan Korban

    Resahkan Warga Nagari Lengayang

    Resahkan Warga Nagari Lengayang PAINAN, HALUAN — Lanjutan pembangunan jembatan Kayu Bawang penghubung Kambang Barat - Kotobaru Kecamatan Lengayang, membuat resah warga setempat karena sering mengndang kecelakaan..
  • Senin, 05 Oktober 2015 - 18:59:06 WIB

    Lengayang Pemilik Pemilih Terbesar di Pessel

    PAINAN,HALUAN — Kecamatan Lengayang memiliki jumlah pemilih terbanyak di Pesisir Selatan (Pessel). Jumlah pemilih di kecamatan paling tengah daerah itu mencapai 39 ribu pemilih. Sementara pemilih kedua terbanyak Kecamata.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM