Pemko Serahkan Aset Rp142,2 Miliar ke Pemprov


Selasa, 04 Oktober 2016 - 01:13:57 WIB
Pemko Serahkan Aset Rp142,2 Miliar ke Pemprov Wawako Irwandi menyerahkan asset bidang pendidikan dan pengawas ketenagakerjaan kepada Gubernur Irwan Prayitno di kantor gubernur, Padang, Senin (3/10). (HUMAS)

BUKITTINGGI, HALUAN — Pemko Bukittinggi telah menyerahkan aset senilai Rp142,2 miliar berupa Pendidikan Tingkat Menengah dan Pengawasan Ketenagakerjaan kepada Pemprov Sumbar.

Penandatanganan berita acara serah terima personel, sarana dan prasarana serta dokumen (P2D) berlangsung di Aula Kantor Gubernur, Padang, Senin (3/10).

Berita acara penyerahan tersebut ditandatangani Wakil Walikota H. Irwandi dan Gu­bernur Irwan Prayitno serta penyerahan daftar aset secara simbolis oleh Sekda H. Yuen Karnova. Aset yang diserahkan tersebut berupa lima buah SMA dan dua SMK. Se­dang­kan personel dari seluruh sekolah tersebut yang dise­rahkan sebanyak 659 orang, antara lain terdiri SMAN 1 sebanyak 76 orang, SMAN 2 sebanyak 70 orang, 64 orang SMAN 3, 60 SMAN 4 dan 67 orang SMAN 5, SMKN 1 sebanyak 171 orang dan 90 orang SMKN 2.

Sementara, guru yang diperbantukan pada ketujuh sekolah sebanyak 39 orang, pengawas sekolah 14, guru yang diperbantukan pada madrasah aliyah tiga orang dan dua orang guru yang diper­bantukan pada Dinas Pen­didikan Kota Bukittinggi, serta tiga orang pengawas kete­nagakerjaan. 

Penyerahan P2D mengacu UU No 23/2014  tentang pe­me­rintahan daerah untuk mela­kukan penataan urusan kewe­nangan pemerintah, terutama sekali urusan pemerintahan yang konghuren. Dalam pasal 404 ditegaskan serah terima P3D harus dilakukan dua tahun setelah UU ditetapkan, se­hingga paling lambat dilak­sanakan pada Oktober 2016. Penyerahan kewenangan uru­san pemerintah konghuren dari Pemko Bukittinggi meliputi enam urusan, di ataranya pen­didikan menengah, perhub­ungan meliputi terminal tipe B,  pengawasan ketena­gaker­jaan, kelautan dan kemaritiman dan kehutanan.

“Kita Pemko Bukittinggi komit mendukung dan se­kaligus melaksanakan amanat UU nomor 23/2014 berupa penyerahan asset tersebut,” kata Wawako Irwandi dalam keterangan usai penan­datanga­nan berita acara tersebut di Padang. Hal itu, menurutnya, bukanlah paksaan, melainkan amanat dari undang-undang yang mesti dijalankan seluruh daerah. Mungkin saja ada daerah yang keberatan, namun Pemko Bukittinggi merespon­nya secara positif. Buktinya, pihaknya telah me­nye­rahkan ke Pemprov sesuai tenggat ok­tober ini.   

Penyerahan asset kong­huren oleh wawako IrWandi kepada Gubernur Irwan Pra­yitno, didampingi oleh Forko­pimda Kota Bukittinggi, Sekda Yuen Karnova, Kadis DPKAD Dedet Krisnaldi, Kepala BKD Yollis Andri, Kabag Organisasi Novri, dan Kabag Humas, Yulman. (h/rel/ril)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]