Polres Pariaman Tangkap Dua Pengedar Ganja


Selasa, 04 Oktober 2016 - 01:21:45 WIB
Polres Pariaman Tangkap  Dua Pengedar Ganja Kapolres Pariaman, AKBP Riko Junaldi, SIK, yang didampingi anggota Satresnarkoba Polres Pariaman memperlihatkan barang bukti ganja kering dan tersangka dalam jumpa pers di Polres Pariaman. (FITRA YANDI)

PARIAMAN, HALUAN — Dalam kurun waktu se­ming­gu, Polres Pariaman berhasil menangkap dua pelaku pe­nyalahgunaan narkoba jenis ganja. Te­r­sangka pertama, inisial AP (26) ditangkap pada Kamis (29/9) di Kam­pung Baru Pariaman, dan tersangka kedua berinisial IS (35), ditangkap di Sungai Ge­ringging, Padang Pariaman. “Kedua pelaku, dalam pe­nyelidikan sementara tidak berada dalam jaringan yang sama,” jelas Kapolres Pa­riaman, AKBP. Riko Ju­naldy, SIK, dalam jumpa pers di Polres Pariaman, Senin (3/10).

 Dari kronologis yang disampaikan Riko Junaldy, tersangka AP ditangkap pada salah warnet di Kam­pung Baru sekitar pukul 01.00 WIB, Kamis (29/9). Saat ditangkap, anggota Satres­narkoba Polres Paria­man menemukan satu len­ting ganja kering dicampur tem­bakau yang disimpan dalam kotak rokok. Kemu­dian dila­kukan pengem­bangan dan disaksikan war­ga, pelaku IS menunjukkan lokasi tempat Ia menyim­pan ganja kering lainnya, yaitu di UPTD SKB Karan Aur. Dilokasi dite­mukan tiga paket kecil ganja kering yang dibungkus de­ngan kertas tulis yang disim­pan dalam kotak ro­kok.”Hasil pemeriksaan sementara, ter­sangka menjual paket ganja tersebut ke anak se­kolah di warnet. Paket kecil ganja tersebut sengaja di­masukkan dalam kotak rokok untuk mengelabui petugas,” jelas Kapolres Pariaman.

 Sedangkan tersangka IS, lanjut Riko Junaldy, me­rupakan sindikat penjual ganja untuk wilayah Paria­man dan Padang Pariaan, khususnya Keamatan Su­ngai Geringging. Tersangka di­tang­kap pada Minggu (2/10) sekitar pukul 19.30 WIB, dengan tempat keja­dian per­kara (TKP) Batang Kamu­muan, Korong Tan­jung Alai Barat, Nagari Kuranji Hulu, Kec. Sungai Geringging, Padang Paria­man. ”Dari hasil keterangan sementara, ter­san­gka sudah beberapa kali menerima paket narkoba dari Medan. Dan waktu penang­kapan kemarin, kami menda­pat informasi pelaku menda­pat paket melalui mobil travel dari Medan. Anggota Sat­res­narkoba Polres Pariaman segera bergerak menunggu di TKP. Pelaku ada empat orang, tiga orang berhasil melarikan diri, dan seorang berhasil ditangkap petugas,” kata Riko.

Di tangan pelaku dite­mukan barang bukti berupa dua paket besar ganja ke­ring yang dibungkus kertas koran dengan berat 1,5 kg, dua paket kecil ganja kering siap edar, satu kantong kresek ganja kering, dan sebungkus dahan ganja kering, serta timbangan dan uang senilai 39 ribu rupiah. Ganja tersebut akan dike­mas dalam paket-paket kecil dengan harga 50 ribu rupiah dan dipa­sarkan di Sungai Gering­ging.

Khusus untuk tersangka yang ditangkap di Sungai Geringging, lanjut Riko Ju­naldy, dikenakan pasal 112 dan 114 Undang-un­dang nomor 35 tahun 2009 ten­tang Narkotika. Karena ba­rang bukti diatas satu kilog­ram dengan ancaman kuru­ngan diatas sembilan tahun. (h/mg-fyt)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 13 Juni 2019 - 00:54:31 WIB

    Hendak Transaksi Ganja, Pria UP Diciduk Satres Narkoba  Polres Bukittinggi

    Hendak Transaksi Ganja, Pria UP Diciduk Satres Narkoba  Polres Bukittinggi BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM-Ketika hendak melakukan transaksi atau menjual barang haram tersebut, di Jalan Angku Basa, Kelurahan Puhun Tembok, Pria berinisia UP  keburu  tercidukTim Operasional Satuan Reserse Narkoba Polr.
  • Ahad, 26 Mei 2019 - 21:05:43 WIB

    Edarkan Narkoba, Ibu dan Anak Diciduk Satresnarkoba Polresta Padang

    Edarkan Narkoba, Ibu dan Anak Diciduk Satresnarkoba Polresta Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM-Mengedarkan narkoba, seorang ibu beserta anaknya ditangkap oleh anggota Satresnarkoba Polresta Padang, pada Minggu (26/5) di sebuh rumah kos di jalan Ikan Mas, Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah, Keca.
  • Jumat, 17 Mei 2019 - 08:03:26 WIB

    Cegah Kejahatan Curas, Polresta Padang Gelar Operasi KKYD

    Cegah Kejahatan Curas, Polresta Padang Gelar Operasi KKYD PADANG, HARIANHALUAN.COM—Untuk memastikan agar Padang aman dan nyaman bagi masyarakatnya, Polresta Padang menggelar operasi Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD). Operasi tersebut digelar dari 15 Mei hingga 28 Mei 20.
  • Kamis, 09 Mei 2019 - 23:16:15 WIB

    Basmi Premanisme, Polres Solok Kota Gelar Operasi Bina Kusuma Singgalang

    Basmi Premanisme, Polres Solok Kota Gelar Operasi Bina Kusuma Singgalang SOLOK, HARIANHALUAN.COM – Untuk mengatasi gangguan Kantibmas khususnya premanisme, kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba dan gangguan Kamtibmas lainnya selama Bulan Ramadhan, Polres Solok Kota gelar Operasi Bina Kusuma S.
  • Rabu, 03 April 2019 - 21:15:25 WIB

    Tiga Pencuri Sapi Asal Riau Diciduk Polres Payakumbuh

    Tiga Pencuri Sapi Asal Riau Diciduk Polres Payakumbuh PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM--Satuan Reserse Kriminal Polisi Resor Payakumbuh berhasil menggagalkan aksi komplotan pencurian ternak, Selasa (2/4) dinihari. Diketahui komplotan tersebut berjumlah  tiga orang.  .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]