PEMKO IZINKAN JUALAN

PKL Harus Jaga Kebersihan Kota


Selasa, 04 Oktober 2016 - 01:23:29 WIB

PADANG,HALUAN — Beberapa ruas jalan protokol di Kota Padang sudah diperbolehkan sebagai tempat berjualan Pedagang Kaki Lima (PK), utamanya pada waktu-waktu tertentu.

PKL yang telah diper­boleh­kan untuk berjualan diberikan syarat agar selalu menjaga kebersihan, keamanan dan kenyaman. Jika para PKL me­lang­gar aturan yang telah dibe­rikan tersebut maka sangsinya para pedagang tidak boleh lagi berjualan di sana.

Walikota Padang menye­butkan hal ini ketika ditemui  Haluan di Kampung Marapak, Senin (3/9). Mahyeldi menya­takan para pedagang sudah diper­bolehkan berjualan dari pukul 17.00WIB hingga 05.00 WIB. Tetapi para PKL harus member­sihkan kembali ruas jalan yang dipakai sebagai sarana berjualan.

“PKL seperti di Jalan Per­mindo, dan Jalan Gereja te­patnya di Tugu Monumen Gempa telah diperbolehkan untuk berjualan di badan jalan. Mereka boleh berjualan dari pukul 5 sore hingga 5 pagi,” ujar Mahyeldi.

Mahyeldi juga menuturkan tidak akan ada tawar-menawar bagi para PKL yang melanggar aturan. Setiap PKL yang me­lang­gar maka tidak akan diper­bolehkan lagi untuk berjualan di tempat tersebut.

“Yang tidak menjaga keber­sihan tempat berjua­lan­nya. Membiarkan sampah bersera­kan, maka pedagang tersebut tidak diperbolehkan untuk berjualan kembali. Hal ini harus dilakukan agar semua PKL dapat bertanggung jawab de­ngan selalu menjaga keber­sihan,” tutur Mahyeldi.

Menanggapi kondisi Tugu Monumen Gempa yang bau pesing dan banyak sampah yang berserakan disekitarnya, Mahyeldi menyatakan kecewa terhadap kondisi ini.

Dirinya mengimbau PKL yang berjualan di tempat ter­sebut, agar dapat selalu men­jaga kebersihan sekitar Tugu Monumen Gempa karena tem­pat ini merupakan saksi sejarah Kota Padang yang pernah diguncang gempa hebat.

MeskipunTugu Monumen Gempa sudah disemprot oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan membersihkan sampah dise­kitarnya beberapa hari yang lalu, namun jika PKL yang berjualan setiap malamnya tidak menjaga kebersihan maka hal ini akan percuma, karena kondisinya akan terus berulang.

“Peran PKL untuk menjaga kebersihan tempat mereka berjualan sangat dibutuhkan. Agar kondisi Kota Padang dapat terjaga kebersihan­nya,” tutur Mahyeldi. (h/mg-mel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]