Tak Bayar PBB, Lurah Tahan KIS/KIP Warga


Selasa, 04 Oktober 2016 - 01:25:37 WIB

PADANG, HALUAN—Lurah Lubuk Buaya menahan Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar (KIS dan KIP) milik warga yang belum bayar PBB Senin, (3/10). Kebijakan tersebut diberlakukan bagi warga penerima bantuan dari pemerintah yang “nakal” tidak membayar PBB.

Ditemui di kantornya Er­mon mengatakan bahwa diri­nya melakukan trobosan baru dalam pemungutan PBB ke­pada warga. Selain itu, ia juga menambahkan bahwa pihak kelurahan memberi sanksi bagi warga yang nakal tidak mau membayar pajak, dengan tidak memberikan pelayanan baik secara administratif maupun pelayanan sosial.

“Bagi warga yang lupa kewajibannya, kami tidak akan memberikan haknya,” te­gas­nya.

Lanjutnya, selain warga yang tidak mau membayar pajak, kendala yang sering ditemukan oleh petugas kelur­ahan di lapangan dalam me­mungut PBB, pemilik tanah dan bangunan sering tidak ditemukan pada lokasi tersebut.

Pasalnya, banyak dari pe­milik bangunan atau tanah yang berada di Kelurahan Lubuk Buaya itu, yang tinggal di luar kota. Hal ini dikare­nakan banyaknya warga yang mendirikan bangunan sebagai menanam saham saja.

“Meskipun demikian, pi­hak kelurahan telah melapor­kan kendala tersebut kepada Camat Koto Tangah,” ujarnya.

Berbeda dengan Eni salah seorang warga Lubuk Buaya yang keluhkan kebijakan kelu­rahan yang menahan KIS/KIP milik warga. Pasalnya, dengan ditahanya kartu tersebut me­ngakibatkan ia tidak bisa me­ngu­nakan kartu tersebut.

“Saya sangat tidak setuju kalau cuman gara-gara tidak membayar PBB, lalu KIS dan KIP kami ditahan,” pung­kasnya.

Lanjutnya, kalau KIS/KIP kami ditahan, nanti saat kami tiba-tiba sakit, atau butuh kartu itu bagaimana. Sedangkan kalau membayar pajak bu­kannya kami tidak mau mem­bayar, tetapi kami harus ber­kumpul dahulu dengan kaum kami untuk mendiskusikan teknis pembayaran, dan itu butuh proses, tuturnya lagi. (h/mg-rul)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]