DUGAAN KORUPSI DI DHARMASRAYA

Kejari Bantah Keluarkan SP3


Selasa, 04 Oktober 2016 - 01:29:50 WIB

DHARMASRAYA, HALUAN — Kejaksaan Negeri (Kejari) Dharmasraya, membantah isu pengeluaran Surat Penghentian Perkara Penyidikan (SP3) terhadap dugaan korupsi gedung Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Dharmasraya, yang menimbulkan kerugian negara mencapai Rp800 juta lebih.

Kajari Dharmasraya melalui Kasi Intel, Ridwan Joni, SH menegaskan, tidak akan ada pemberhentian perkara, sebab pihak penyidik Kejaksaan masih menunggu hasil audit dari PU Provinsi. “Kita belum ada keluarkan SP3 terhadap kasus dugaan korupsi Gedung Bappeda,” katanya kepada sejumlah wartawan, Senin (3/10) di ruang kerjanya.

Menurutnya, kini pihaknya tengah menunggu hasil penghitungan kerugian dari ahli yakni pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sumbar. “Hingga kini kita masih menunggu hasil penghitungan kerugian Gedung Bappeda itu dari tim ahlinya, yakni pihak PU Provinsi, yang sampai kini kami belum diterima hasilnya,” jelasnya.

Ia meminta agar pihak PU Provinsi Sumbar untuk memberikan hasil hitungan kerugian negara atas pembangunan gedung Bappeda itu. Setelah diterima, baru akan diserahkan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPKP) Provinsi Sumbar. “Bila hasil audit nantinya membuktikan bahwa ada kerugian negara, maka kita akan proses secara hukum,” tegasnya.

Memang tidak bisa ditutupi kalau penyidikan kasus dugaan korupsi pembangunan gedung Bappeda sudah berjalan hampir satu tahun. Namun untuk menetapkan siapa tersangkanya belum bisa, karena prosesnya panjang dan pihak penyidik tidak ingin gegabah soal itu.

Sebelumnya, pihak Kejari Dharmasraya telah memeriksa sedikitnya 18 orang saksi termasuk pihak rekanan, serta kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Dharmasraya, Ir. Junedy Yunus. Numun hingga kini, kasus dugaan korupsi kerugian negara yang disebabkan oleh kelebihan pembayaran itu, belum ada titik terangnya. (h/mdi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]