Festival Muharram 1438 H di Kolok Nan Tuo Semarak dan Meriah


Selasa, 04 Oktober 2016 - 09:31:13 WIB
Festival Muharram 1438 H di  Kolok Nan Tuo Semarak  dan Meriah Kaum Ibu membawa Talam berisi Juadah dengan aneka ragam kuliner khas Kolok Nan Tuo

Festival Muharram 1438 H di  Kolok Nan Tuo Semarak  dan Meriah
SAWAHLUNTO, HALUAN-Festival Muharram 1438 H semarak dan meriah di Desa Kolok Nan Tuo, Kecamatan Barangin, Sawahlunto.  "Alhamdulillah kegiatan yang  bertajuk "Dengan Semangat Muharram Kita Tingkatkan Ukuwah Islamiyah Melalui Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah"  tersebut telah berjalan lancar, aman semarak dan meriah,"  kata Adeks Rossyie Mukri, Kades Kolok Nan Tuo.

 Sejak tanggal 30 September sampai 01 Oktober 2016 dalam Festival Muharram ini dilaksanakan Tari Massal dengan penari dari siswa SD N 16 Kototuo Kolok Nan Tuo, siswa SMP N 9 Sawahlunto dan siswa SD N 05 Kolok Mudik. Pagelaran Musik Rebana Remaja dan Dewasa Desa Kolok Nan Tuo, Parade Pengucapan Asmaul Husna dari santri TPQ Mushalla Hadid Dusun Koto Baru, santri TPQ Mushalla Nurul Ikhlas Dusun Malakutan dan  Mushalla Nurul Iman Dusun Pulai, juga   atraksi Korsik dan Drumband SMP Negeri 9 Sawahlunto. Lomba Busana Muslim Anak Anak usia 4-5 tahun dan 6 -10 tahun.
Kemudian digelar Pawai Obor dari Lapangan Sepakbola Kototuo ke Pasar/Balai Kolok. Penampilan Bergelombang Nyanyian Islami "Perdamaian" oleh Salipon Fernando, Tim Rebana Remaja dan Taushiyah oleh Ustadz H. Oktoferisman, S.Ag, MM tentang Sejarah Hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah dan Perkembangan Agama Islam dari Masa ke Masa. Lagu Sajadah Panjang oleh Finda Kembara Rossyie dilanjutkan dengan penampilan Tim Rebana Dewasa Desa Kolok Nan Tuo dan Taushiyah oleh Ustadz Ahmad Zukri, S.Ag (Kepala KUA Kecamatan Barangin) tentang Perkembangan Agama Islam dan Etika, Estetika serta Budaya dalam Hidup dan Kehidupan Umat Manusia.


Selanjutnya kegiatan Berkaul Islami  yang adalah bentuk lain dari wujud syukur masyarakat Desa Kolok Nan Tuo kepada Allah SWT. Prosesinya dimulai turun dari Rumah Gadang menjujung Talam Berisi Juadah dengan susunan piring aneka ragam kuliner dengan 36 susunan piring. Disamping dan di belakang Juadah Jamba Utama ada 5 atau 7 talam berisi Tanjak(Nasi Pulut berbentuk piramida), Pisang, Lapek Bugih, Gelamai, Kue Bolu, Sambal dan lain-lain.
Juada Jamba ini diarak dengan suluh/pusung/obor diiringi musik talempong pacik dan pupuik batangpadi. Diarak sepanjang jalan sampai ke Rumah Balai yang terletak di Pasar Balai Kolok. Finishing dari juadah ini setelah petatah-petitih Adat Minang dilanjutkan dengan Makan Bajamba.


Malam penutupan diakhiri dengan MTQ Antar Kepala Dusun dan Kepala urusan di Sekretariat Desa. Juara I Afriyeni Se Kepala Dusun Kotobaru, juara II Ermailis Kepala Urusan Umum dan juara III M. Assidiqis Salim Kepala Dusun Guguk Sumbayang. Penyerahan hadiah dan penutupan oleh pak Camat Subandi Arpan.  (h/rel)
 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]