SMK 3 Pariaman Akan Berlaga di Tingkat Nasional


Rabu, 05 Oktober 2016 - 02:39:33 WIB

PARIAMAN, HALUAN—Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3 Pariaman dalam bulan Oktober ini mendapat peluang untuk me­noreh­kan prestasi di tingkat nasional. Yaitu Olimpiade Jaringan Mikrotik yang diadakan Citaweb dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Jaringan Internet (APJI) dan Lomba Debat Bahasa Asing bidang Bahasa Jepang yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Melihat motivasi yang tinggi dari kawan-kawan guru dan siswa, sebagai pimpinan, saya berkewajiban untuk memfasilitasi mereka. Ketika kawan-kawan guru berpikir teknis, merencanakan, dan melaksanakan suatu program, maka saya akan berpikir bagaimana hal tersebut bisa diwujudkan,” kata Rafuddin, Kepala SMK Negeri 3 Paria­man saat ditemui Haluan di ruang kerjanya, Selasa (4/10).

Kerja sama yang baik seluruh pihak di SMKN 3 Pariaman ini, lanjut Rafud­din, telah menorehkan ber­ba­gai prestasi, baik yang diraih instansi sekolah, guru, dan siswa. Yang terbaru adalah menjadi juara satu Olimpiade Jaringan Mikrotik-APJII ting­kat wilayah Sumatera, yang finalnya akan mem­per­temu­kan 15 SMK finalis di Jakarta (12/10). Dan juara 1 Lomba Debat Bahasa Jepang SMK tingkat Sumatera Barat yang diadakan di Kantor Dinas Pendidikan dan Budaya Su­mat­era Barat, Selasa (27/9). Sehingga berhak mewakili Sumbar pada final nasional di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung yang dilak­sanakan tanggal 10-15 Okto­ber 2016.

Pembimbing Akademi Mikrotikpada jurusan Teknis Komputer dan Jaringan (TKJ) Irfan Yudanur, SKom, men­ceritakan bahwa  sekitar akhir bulan Agustus, SMKN 3 Pa­ria­man mendapat undangan melalui surat elektronik dari APJII tentang lomba Olim­piade Jaringan Mikrotik. Lo­m­ba ini hanya dikhususkan bagi SMK yang mempunyai jurusan TKJ atau yang mem­pelajari mikrotik. Dari seluruh Sumatera hanya 43 SMK yang berpartisipasi, dan delapan dari SMK di Sumbar.

Pada lomba tahap per­tama, dari sembilan tim SMK yang lolos, dari Sumbar ter­dapat tiga SMK. Yaitu SMK­N 3 Pariaman, SMKN 1 Bukittinggi, dan SMK Lem­bah Melintang Pasaman. Sembilan tim ini dibagi dalam tiga grup, dimana juara ma­sing-masing grup lolos men­jadi finalis tingkat pusat. Alhamdulillah, SMKN 3 Pa­ria­man berhasil melaju ke final setelah mengalahkan SMK 1 Muhammadiyah Pe­kan­baru dan SMK Lembah Melintang Pasaman, walau­pun persiapan hanya se­bulan,” jelas Irfan.

Untuk menghadapi ba­bak final di Jakarta nanti, lanjut Irfan, Tim SMKN 3 Pariaman yang terdiri dari Fikri Aldiansyah dan Andika Candra Putra, kelas XII TKJ, akan dilakukan karantina dan pendalaman pengetahuan di Bukittinggi.

Sementara Anwar Ali, SHum, pembimbing dan gu­ru Bahasa Jepang, men­yam­paikan bahwa Lomba Debat Bahasa Asing yang diadakan oleh Kemendikbud RI ini dibagi dalam tujuh bidang, salah satunya Debat Bahasa Jepang. SMKN 3 Pariaman hanya mengikuti satu bidang lomba, yaitu Bahasa Jepang, yang diwakili oleh Rara Yulia Insani dan Nur Aflah A. Asman dari kelas XII TKJ.

Pada lomba khusus untuk SMK tersebut, lanjut Anwar, Debat Bahasa Jepang hanya diikuti oleh lima SMK. SM­K­N 3 Pariaman dinyatakan berhak mewakili Sumbar setelah berhasil meraih poin tertinggi dari empat kom­petensi yang dujikan. Yaitu kompetensi menulis Kana, yang terdiri dari huruf Kat­akana dan Hiragana, lalu membaca huruf Jepang. Se­lan­jutnya kompetensi ber­bicara yang diuji berupa dialog langsung dalam ben­tuk drama. Kompetensi te­rak­hir yaitu mendengar ba­hasa Jepang, dimana peserta didengarkan dialog bahasa Jepang lalu diwawancarai oleh tim penguji.

“Kelemahan kami saat ini adalah pelajaran bahasa Je­pang di SMKN 3 Paria­man baru sebatas muatan lokal dengan waktu pela­jaran han­ya dua semester. Padahal di sekolah atau SMK lain, ba­hasa Jepang diajarkan pada seluruh ting­kat, kelas X, XI, dan kelas XII. Sehingga kami ber­ha­rap, ke depannya, ba­hasa Jepang bisa juga di­ajar­kan pada seluruh tingkat di seko­lah ini,” kata Anwar. (h/mg-fyt)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]