IAIN Bukittinggi Bangun Pesantren Mahasiswa


Rabu, 05 Oktober 2016 - 02:42:48 WIB
IAIN Bukittinggi Bangun Pesantren Mahasiswa Kepala Ma’had al Jamiah IAIN Bukittinggi, Irwandi Nashir, saat melantik mahasiswa peserta program pembinaan Ma’had al Jamiah IAIN Bukittinggi pekan lalu di kampus pusat IAIN Bukittinggi. (YURSIL)

BUKITTINGGI, HALUAN — Pem­binaan akidah mesti dilakukan secara ber­kesinam­bungan dan dibarengi dengan program yang terukur. Karena Akidah menyangkut keya­ki­nan dan menjadi pondasi penting dalam pembentukan akhlak dan cara men­jalankan ajaran agama.

“Akidah yang kuat dan bersih akan melahirkan akhlak yang mulia dan keikhlasan dalam menjalan­kan ajaran agama,” terang Rektor IAIN Bukit­tinggi, Dr Ridha Ahida, kepada Haluan akhir pekan lalu.

Menurutnya, IAIN Bukittinggi menyadari jika tidak semua mahasiswa yang masuk ke IAIN ini berlatarbelakang pendidikan agama. Namun sebaliknya, sebagian besar berasal dari sekolah umum.

“Mereka yang berasal dari sekolah umum ini sangat membutuhkan penguatan terutama tentang dasar-dasar keislaman dan perbaikan bacaan Alquran. Oleh karenanya,   IAIN Bukittinggi telah mendirikan sebuah pesantren perguruan tinggi atau disebut dengan Ma’had al Jami’ah,” ulasnya.

Kata Ma’had jelasnya, mengacu kepada pesantren, sementara al-Jami’ah berarti untuk semua. Idealnya, Mahad al-Jami’ah ini menampung semua mahasiswa baru, namun karena IAIN Bukittinggi baru memiliki 6 unit gedung, maka tahun ini hanya 360 mahasiswa baru dari tiga jurusan yang dapat dibina selama satu tahun di Ma’had ini.

Dalam penjelasannya, Ridha Ahida yang didampingi Kepala Ma’had al Jamiah IAIN Bukittinggi, Irwandi Nashir,  mengemukakan tiga program pokok pembinaan Mahasiswa melalui Ma’had al-Jamiah yaitu, peningkatan pengetahuan dan pengamalan agama, pengembangan diri mahasiswa, dan kepedulian sosial.

“Program ini direalisasikan melalui kegiatan  tutorial, mentoring, pembinaan kemampuan bahasa asing dan teknologi serta dan keterampilan berorganisasi,” ungkap Irwandi. (h/ril)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 15 September 2019 - 16:41:10 WIB

    Mahasiswa IAIN Bukittinggi PPL di BPBD Agam

    Mahasiswa IAIN Bukittinggi PPL di BPBD Agam AGAM, HARIANHALUAN.COM - Delapan orang mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Bukittinggi melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di BPBD Kabupaten Agam..
  • Kamis, 22 Desember 2016 - 00:40:26 WIB

    LP2M IAIN Bukittinggi Gelar Workshop

    BUKITTINGGI, HALUAN - Gender dan anak saat ini menjadi perhatian oleh masyarakat. Berbagai persoalan dan isu sosial muncul dari persoalan gender dan anak ini. Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M) IAIN Bukitti.
  • Senin, 05 Desember 2016 - 01:02:25 WIB

    IAIN Bukittinggi Perkuat Jaringan di Asia Tenggara

    IAIN Bukittinggi Perkuat Jaringan di Asia Tenggara BUKITTINGGI, HALUAN — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi terus melakukan penguatan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi, terutama di kawasan Asia Tenggara. Dijadikannya kawasan Asia Tenggara sebagai prior.
  • Kamis, 01 Desember 2016 - 01:24:55 WIB

    FEBI IAIN Bukittinggi Tingkatkan Regulasi Perekonomian Islam

    FEBI IAIN Bukittinggi Tingkatkan Regulasi Perekonomian Islam BUKITTINGGI, HALUAN — Perekonomian Islam di Indonesia saat ini sudah mulai berkembang secara signifikan. Di sektor keua­ngan syariah misalnya saat ini sudah banyak bank-bank syariah yang me­nga­lami pertumbuhan dari ta­.
  • Kamis, 01 Desember 2016 - 00:36:59 WIB

    Mahasiswa SA IAIN Bukittinggi Mengabdi di Lambah

    Mahasiswa SA IAIN Bukittinggi Mengabdi di Lambah BUKITTINGGI, HALUAN — Berbagai bentuk dan cara pe­ngab­dian dilakukan oleh Mahasiswa IAIN Bukittinggi dalam rangka meningkatkan kemampuan dan pengabdian terhadap masyarakat..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]