Pelajar Bolos Diciduk Satpol PP


Rabu, 05 Oktober 2016 - 02:45:39 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Delapan pelajar dari berbagai SMAN dan SMKN di Kota Paya­kumbuh, diciduk anggota Satpol PP dalam sebuah operasi di lapangan Kubu Gadang Payakumbuh, Selasa (4/9) kemarin. Mereka di­duga cabut dari sekolah dan pada jam belajar.

Kedelapan pelajar itu, tiga di antaranya lelaki, berasal dari sebuah SMKN Paya­kumbuh. Sementara, lima pelajar wanita lainnya, berasal dari 4 SMAN berbeda dan SMKN di kota ini. Mereka datang ke Kubu Gadang dengan menggunakan sepeda motor. Di antaranya didu­ga ada  pasangan yang tengah pacaran.

Ketika menangkap ke­delapan pelajar itu, anggota tengah melakukan patroli keliling kota. Disaat melewati kawasan Kubu Gadang, petu­gas melihat ada pelajar ber­pakaian seragam sekolah yang tengah duduk duduk di beberapa titik di dalam lapa­ngan  Kubu Gadang tersebut.

”Kontan, mereka dia­mankan petugas, untuk selan­jutnya diboyong ke markas Satpol PP di bangunan balai kota baru di eks lapangan Poliko Bunian Payakumbuh,” jelas Kasatpol PP Fauzi Fir­daus, SP, Selasa (3/10) ke­marin.

Setelah diinterogasi, ke­de­lapan pelajar itu, mengakui perbuatannya, sengaja bolos dari sekolah mereka. Se­muanya, baru dilepas setelah orang tua dan guru dari  setiap sekolah datang ke markas Satpol PP. Setiap pelajar juga membuat surat perjanjian di atas kertas bermaterai, dengan janji tidak  mengulang lagi per­buatannya.

Kepala Dinas Pendi­dikan Payakumbuh H. Ha­san Basri Sy, ketika dihu­bungi, mem­berikan apre­siasi dengan patroli yang dilancarkan Satpol PP, guna menertibkan pelajar yang bolos. “Kita akan terus mendukung ke­giatan patroli tersebut, agar para siswa disiplin dalam belajar di sekolah,” tegasnya.

Terhadap pihak sekolah, diminta untuk meningkatkan pengawasan terhadap anak didik, sambil melakukan komunikasi dengan setiap orang tua murid. “Jika ada anak yang absen tanpa alasan yang jelas,  seyogianya meng­hubungi orangtua atau wali murid bersangkutan,” kata­nya. (h/zkf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]