Disdukcapil Lamban Urus Dokumen Kependudukan


Rabu, 05 Oktober 2016 - 02:49:02 WIB
Disdukcapil Lamban Urus Dokumen Kependudukan Warga masyarakat mengadu soal lambatnya pegurusan dokumen kependudukan pada Bupati Irfendi Arbi, Selasa (4/10). (DADANG ESMANA)

Limapuluh Kota, Haluan — Untuk mengurus dokumen kependudukan pada Dinas Catatan Sipil yang selama ini digadang-gadangkan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi bisa selesai satu hari, terkesan hanya slogan belaka.

Buktinya, pada Selasa (4/10) masih ada masyarakat  yang mengeluhkan lambatnya  pe­layanan Dinas Kependudukan Catatan  Sipil Kabupaten Lima­puluh Kota untuk proses doku­men kependudukan.

Bahkan, ada masyarakat yang menga­dukan lambatnya pelayanan tersebut langsung  ke Bupati Irfendi Arbi di halaman kantor Dinas Kependudukan dan Ca­ta­tan Sipil Kabupaten Lima­puluh Kota. “KTP saya hilang pak, karena itu mengurus ke sini. Sudah bolak-balik mengu­rusnya tetapi sampai saat ini belum juga selesai,”ucap salah seorang masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota melapor  pada Bupati Irfendi Arbi.

Tak hanya itu saja, ada salah seorang perangkat nagari yang enggan disebutkan namanya mengatakan, dirinya sudah sebulan mengurus akte ke­lahiran ke Disdukcapil Lima­puluh Kota, tetapi sampai hari ini juga tak kunjung kelar. Dulu cuma tiga hari selesai. “ Tidakl itu saja, adanya juga dari  pe­ngurusan  dokumen  semenjak September lalu,  tetapi sampai hari tak kunjung siap,” ucapnya.

Setelah mendengar curhat masyarakat, Bupati langsung panggil Kepala Dinas Ke­pendudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Limapuluh Kota Afrizal Aziz.

Dihadapan Bupati, Afrizal mengatakan lambatnya pe­ngurusan dokumen kepen­dudukan akibat habisnya tinta di Dinas Kependukan dan Catatan.”Tinta kita habis pak. Kita harap masyarakat untuk bersabar,” ucap Afrizal Aziz.

Dia  mengatakan, ada solusi lain terhadap pengurusan doku­men yang belum selesai tetapi  keperluannya sangat mendesak bagi masyarakat.Yakni dengan surat keterangan yang dike­luarkan oleh Dinas Kependu­dukan dan Catatan Sipil. Sekitar 10 menit di depan halaman Disdukcapil, akhirnya Bupati, Kepala Disdukcapil serta masyarakat membu­karkan diri  karena tidak  ada solusi yang masuk akal.(h/ddg)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 16 April 2020 - 22:53:23 WIB

    Disdukcapil Agam Rapat Pelayanan Darurat Covid-19 dengan Pusat

    Disdukcapil Agam Rapat Pelayanan Darurat Covid-19 dengan Pusat AGAM, HARIANHALUAN.COM - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Agam ikuti rapat khusus video conference dengan Dirjen Dukcapil Kemendagri di tengah merebanyak Covid 19. .
  • Ahad, 15 Maret 2020 - 20:46:13 WIB

    Disdukcapil Pessel Dapat Apresiasi dari DPP IKPS Pusat

    Disdukcapil Pessel Dapat Apresiasi dari DPP IKPS Pusat PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum DPP IKPS Dr Alirman Sori memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Pesisir Selatan, khususnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pesisir Selatan atas keberhasilan dala.
  • Senin, 13 Januari 2020 - 18:18:58 WIB

    Disdukcapil Pessel Jemput Bola Pembuatan e-KTP Hingga ke Sekolah

    Disdukcapil Pessel Jemput Bola Pembuatan e-KTP Hingga ke Sekolah PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Pemkab Pessel, melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) terhadap para siswa berusia 17 tahun langsung di sekolah. Hal ter.
  • Ahad, 05 Januari 2020 - 13:32:41 WIB

    Disdukcapil Pasbar Luncurkan Aplikasi Android

    Disdukcapil Pasbar Luncurkan Aplikasi Android PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat dihari jadi ke 16 telah meluncurkan aplikasi kependudukan berbasis Android (Dukcapil Prima Mobile/DPM). Aplikasi berbasis Android untuk memudahkan masyarakat mengu.
  • Senin, 23 Desember 2019 - 21:12:29 WIB

    Jelang Pilkada 2020, Disdukcapil Solsel Lakukan Pemutakhiran Data Kependudukan

    Jelang Pilkada 2020, Disdukcapil Solsel Lakukan Pemutakhiran Data Kependudukan SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Hadapi Pilkada serentak 2020 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Solsel lakukan pemutakhiran data kependudukan. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]