Kendaraan Parkir Sembarangan di Sawahan


Rabu, 05 Oktober 2016 - 02:49:39 WIB

PADANG, HALUAN — Disepanjang Jalan Sawahan,  badan jalan digunakan untuk parkir kendaraan roda empat yang menga­kibatkan macet dan semrawut. Pemilik kendaraan seperti tidak menghiraukan bahwa kendaraannya akan mengganggu pengguna jalan lainnya yang akan lewat.

Pantauan Haluan, Selasa (4/10) terlihat dise­panjang jalan sawahan mobil parkir yang me­makai badan jalan. Mulai dari depan Kan­tor PDAM, depan BCA, depan DPRD Padang, depan Swalayan Budiman dan dideretan jalan mobil berjejer parkir. Entah itu parkir di dalam yang sempit atau si pemilik merasa mudah jika parkir di jalan untuk kepentingannya.

Kepala Dinas Perhubungan dan Ko­minfo Kota Padang Dedi Henidal melalui Kabid Ops Eri Surya Jaya pada Haluan, mengatakan Dishub selalu melakukan penertiban terhadap pengendara yang parkir di badan jalan dengan memberikan rambu dan tindakan. Namun pemilik kendaraan yang masih bandel dan berlaku seenaknya.

“Sebenarnya Dishub itu hanya mem­buat rambu-rambu lalu lintas untuk dipatuhi pengendara jalan bukan menin­dak atau menilang. Yang berhak dan berkewajiban menilang itu adalah polisi,” tegasnya.

Dikatakannya, ada sebagian kantor yang memang tempat parkirnya kurang luas sehingga terpaksa parkir hingga keluar atau memakai badan jalan. Namun ada juga yang memang pemilik kendaraan sengaja parkir di badan jalan.

“Salah satu contoh di Jalan Sawahan itu depan DPRD Padang jika ada rapat SKPD membuat parkir penuh dan meluap hingga ke badan jalan karena tempat parkir yang sempit,” sebutnya.

Untuk pemilik kendaraan yang sengaja memakai badan jalan, Eri berharap polisi bisa bertindak tegas dan mempunyai kewenangan untuk menilang. “Kewe­nangan menilang bukan tugas Dishub tapi polisi. Tidak hanya di Jalan Sawahan saja tapi banyak khawasan yang memang perlu pena­nganan polisi,” tambahnya. (h/win)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]