BELUM DIFUNGSIKAN PENYANDANG DISABILITAS

Permindo Malah Sesak Oleh PKL


Rabu, 05 Oktober 2016 - 02:54:39 WIB

PADANG, HALUAN — Trotoar di sepanjang Jalan Permindo Padang yang telah diresmikan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah menjadi kawasan ramah disabilitas ternyata belum seratus persen selesai. Selain itu, kawasan tersebut juga belum sepenuhnya difungsikan oleh penyandang disabilitas.

Pantauan Haluan, Senin (3/10) terlihat pengerjaan trotoar belum selesai. Bahan material masih ada bertumpuk dan sebagian trotoar masih belum bisa difungsikan.

Selain itu, Pedagang Kaki Lima (PKL) yang biasanya mangkal di atas trotoar kini bergeser ke bawah sehingga memakai badan jalan untuk berjualan. Sehingga, membuat jalan menjadi sempit dan sesak.

PKL yang berjualan dise­panjang Jalan Permindo yang biasanya memakai trotoar kini menuai masalah baru. Karena, jalan yang seharusnya lapang dan tidak sesak kini menjadi sempit dan macet. Belum lagi parkir kendaraan yang juga menggunakan badan jalan me­ngakibatkan hak pengguna jalan terenggut.

Salah seorang PKL yang berjualan di kawasan Permindo dengan inisial nama H (20) mengaku senang dengan ada­nya kawasan ramah disabilitas. Namun ia juga berharap dengan telah diperbaharuinya trotoar saat ini tidak menutup kemung­kinan untuk tidak berjualan meski harus memakai badan jalan.

“Harus bagaimana lagi ka­rena trotoar sudah tidak boleh lagi maka terpaksa harus turun ke jalan untuk berjualan. Kami berharap pihak terkait tidak melarang karena jam berjualan hanya dimulai sore saja,” akunya.

Tidak hanya PKL yang merasa senang dengan trotoar yang sudah luas dan nyaman dipandang mata, pengunjung sebagai pejalan kaki juga me­nik­matinya.

Nita (29) senang karena sudah bisa menikmati kawasan sepanjang Permindo dengan berjalan di trotoar yang sudah indah dan nyaman.

“Biasanya trotoar hanya dipenuhi pedagang sajadan tepaksa harus turun ke jalan untuk berjalan. Namun sekar­ang sudah bisa dinikmati tanpa ada halangan pedagang lagi meskipun jalanan menjadi sempit sekarang,” tuturnya. (h/win)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]