Penerima Jamkesda 2.428 Jiwa, Banyak Warga Kuranji Belum Tersentuh


Rabu, 05 Oktober 2016 - 02:55:55 WIB

PADANG, HALUAN—Masyarakat Kelurahan Kuranji Kecamatan Kuranji berharap adanya tambahan untuk penerima Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan program  Ja­minan Kesehatan Da­erah  (Jamkesda).

Saat ini untuk penerima Jamkesmas di Kelurahan yang didiami oleh 90 RT dan 13 RW ini berjumlah 1.028 orang dan penerima Jam­kesda sebanyak 1.400 jiwa. Jumlah ini sangat tidak sesuai jika dibandingkan dengan jumlah penduduk yang ting­gal di daerah ini.

Kepala Sesi Sosial Kelu­rahan Kuranji, Syahrial me­ngatakan bahwa jumlah pen­duduk di Kelurahan Kuranji ini adalah 33.000 jiwa. Se­mentara yang menerima ja­minan kesehatan kurang lebih 2.428 orang.

Syahrial menjelaskan bah­­­wa masih banyak masya­rakat yang datang ke kantor Kelurahan meminta terdaftar sebagai penerima jaminan kesehatan oleh pemerintah.

“Jumlah masyarakat ba­nyak, sedangkan kuota pe­nerima sedikit. Sehingga banyak yang tidak mendapat jaminan kesehatan ini,” kata­nya

Pihak kelurahan sudah pernah mengajukan surat permohonan untuk penam­bahan jumlah penerima Jam­kesmas atau yang dikenal se­karang dengan Kartu Indo­nesia Sehat (KIS) dan Jam­kesda kepada Dinas Sosial Kota Padang, namun belum mendapat respon.

Lebih lanjut, lelaki ber­usia 45 tahun ini mengatakan bahwa jika adanya pe­nam­bahan adalah sebanyak 5.000 untuk jaminan kesehatan ini. Ia menjelaskan bahwa jumlah tersebut masih sedikit jika dbandingkan dengan jumlah masyarakat yang ada.

Nuraini (30), berharap bisa mendapatkan jaminan kesehatan untuk keluaganya agar bisa berobat dan meng­gunakan fasilitas negara yang memang seharusnya ia nik­mati.

Ibu satu orang anak ini mengaku kesulitan jika tidak memiliki kartu Kartu In­donesia Sehat/KIS dalam berobat. Apalagi sekarang anaknya sering sakit dan suaminya bekerja serabutan di Pasar Belimbing.

“Setidaknya dengan ada­nya jaminan kese­hatan ini saya bisa membawa anak saya berobat dan tidak terlalu membutuhkan biaya yang sangat besar,” katanya.

Ia berharap bisa terdaftar sebagai penerima layanan kesehatan ini karena ia sudah memiliki surat-surat yang lengkap untuk memenuhi sebagai penerima Jamkesmas atau KIS ini. (h/mg-eby)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]