Alek Gadang FPBM Siap Digelar


Kamis, 06 Oktober 2016 - 02:10:26 WIB
Alek Gadang FPBM Siap Digelar

BATUSANGKAR, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Tanah Datar akan Baralek Gadang dengan menggelar Festival Pesona Budaya Minangkabau (FPBM) pada 21 sampai 29 Oktober 2016. Kegiatan ini akan dipusatkan di Istano Basa Pagaruyung dan Lapangan Cindua Mato Batusangkar.

Kepala Dinas Kebu­daya­an dan Pariwisata Tanah Datar Marwan di Batusang­kar, Senin (3/10) lalu me­nga­­takan, ada sejumlah kegiatan daerah yang ber­nilai strategis untuk ajang promosi pa­riwisata yakni Gelanggang Silih Berganti (GSB), Pacu Kuda, Festival Budaya Minang­kabau, dan Pacu Jawi.

Baca Juga : Tegas! Bupati Sutan Riska Larang ASN Mudik

“Dalam menyukseskan iven ini, kita melibatkan semua unsur masyarakat Tanah Datar, perantau, to­koh Minang baik yang di Sumbar maupun yang ber­domisili di rantau,” kata Marwan didam­pingi Ketua Panitia Pacu Kuda Eri Hen­dri, Panitia GSB Afrizal, dan Kabag Humas Ad­ri­yanti Rustam.

Marwan  menjelaskan acara baralek gadang ini dimulai dengan GSB yang menampilkan para pesilat se-Luhak Nan Tuo di Lapangan Sepakbola Lima Kaum pada 21 dan 22 Oktober.

Baca Juga : Kabupaten Dharmasraya Kembail Raih Predikat WTP Keenam Kali

Dalam kegiatan GSB juga tampil partai eksebisi dari pesilat negara tetangga Ma­laysia dan dilanjutkan dengan Alek Pacu Kuda yang digelar di Lapangan Dang Tuanku Bukit Gombak pada 23 dan 24 Oktober.

Dalam iven pacu kuda juga akan tampil sekitar 70 kuda yang berasal dari kabu­paten kota se-Sumbar dan Jawa. Kemudian juga digelar Pameran Matrilineal dan Festival Randai Tradisional yang digelar di Gedung Na­sio­nal Maharajo Dirajo dan Lapangan Cindua Mato Ba­tu­sangkar pada 25 dan 26 Oktober 2016.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]