PILKADA KOTA PAYAKUMBUH 2017-2022

KPU Teliti Keabsahan Berkas Pasangan Calon


Kamis, 06 Oktober 2016 - 02:27:31 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh, melakukan penelitian terhadap keabsahan berkas ketiga pasangan calon walikota dan wakil walikota setempat yang akan jadi peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017.

Komisioner KPU Payakumbuh, Muhammad Khadafi di Payakumbuh, Rabu (5/10) mengatakan, ketiga pasangan calon kepala daerah tersebut sudah melengkapi berkas sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. “Secara administrasi ketiga pasangan calon sudah lengkap, tetapi keabsahannya masih diperlukan penelitian,” kata dia.

Ia mengatakan, untuk waktu penelitian terhadap berkas itu dimulai sejak 5 sampai 11 Oktober 2016 ke masing-masing lembaga atau instansi yang mengeluarkan dokumen tersebut.

Penelitian itu dilakukan jika ada berkas pasangan calon yang dinilai meragukan dan menimbulkan kecurigaan bagi penyelenggara pilkada, dimana untuk memastikan keabsahan tersebut didampingi Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) setempat.

Menurutnya, ketiga pasangan calon yang waktu pendaftaran pada 21 sampai 23 September semuanya bermasalah secara adminitrasi bermasalah. Perma­sal­ahan itu disebabkan karena berkas yang dise­rahkan ke KPU tidak dikeluarkan oleh lembaga ber­we­nang sesuai dengan domisili sebagaimana ter­cantum dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) calon.


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]