LOMBA DESAIN KEMASAN

Gunakan Kemasan Produk yang Menarik


Kamis, 06 Oktober 2016 - 02:28:43 WIB
Gunakan Kemasan Produk yang Menarik PARA pemenang Lomba Desain Kemasan menerima hadiah berupa tropi, piagam penghargaan dan uang tunai. Diharapkan pelaku usaha kuliner dapat memanfaatkan hasil karya mereka untuk produk kulinernya.

PADANG, HALUAN—Ter­nyata kemasan (packaging) sebuah produk sangat me­nentukan laris atau tidaknya produk tersebut. Karena itu, packaging menjadi penting dalam sebuah pemasaran, ter­masuk pemasaran kuliner khas Ranah Minang. Sebab sampai hari ini, sebagian kuliner itu ditawarkan pada wisatawan masih dalam kemasan yang sederhana.

Di sisi lain, membuat ke­masan yang menarik dan bersih, juga tidak sulit. Cukup banyak kreator di dae­rah ini yang mampu membuat dan menciptakan kemasan menarik dan unit yang cocok untuk berbagai jenis kuliner.

“Kreativitas para desainer kemasan di Sumatera Barat patut diacungi jempol, tidak kalah dengan daerah lain,” ujar Ariana Susanti, Direktur Fe­derasi Kemasan Indonesia saat menjadi juri Lomba Desain Kemasan yang digelar Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kre­atif Sumbar, Rabu (5/10).

Lomba Desain Kemasan tersebut diikuti 33 peserta. Setelah diseleksi, terpilih 10 desain kemasan yang me­me­nuhi unsur penilaian, seperti fungsi kemasan, estetika, unik, inovatif, orisinal dan berka­rakter. Para desainer kemasan ini, ternyata kebanyakan dari kalangan muda, seperti ma­hasiswa UPI YPTK, pelajar SMK bahkan siswa SMP.

“Pemenang I Lomba De­sain Kemasan ini diraih Ver­nanda Em Afdal, mahasiswa UPI YPTK untuk karyanya kemasan ampiang dadiah. Juara II Diva Salsabila, pelajar SMP 25 Padang untuk kar­yanya kemasan dakak-dakak yang unik. Pemenang III David Ramli, mahasiswa UPI YPTK dengan karyanya kemasan rendang,” kata Kabid Pe­ngem­bangan Ekonomi Kreatif Ber­basis Media Desain dan Iptek, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar, Afrimas.

Dalam lomba itu, juga hadir para user atau peng­guna kemasan dari kelom­pok UKM dan juga Dinas Perindag atau Dinas Ko­perasi dan UKM kabu­paten/kota. Masing-masing dinas akan menyo­siali­sasi­kan kepada UKM bina­annya untuk memanfaatkan desain kemasan tersebut.


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]