Padang dan Bukittinggi Penyumbang Inflasi Sumbar


Kamis, 06 Oktober 2016 - 02:29:25 WIB
Padang dan Bukittinggi Penyumbang Inflasi Sumbar Ilustrasi.

PADANG, HALUAN — Laju inflasi Sumbar masih tinggi, bahkan berada di atas laju inflasi nasional. Laju Inflasi bulanan Sumbar pada September 2016 sebesar 0,64 persen, meski telah sedikit menurun dibandingkan dengan laju inflasi Agustus 2016 yang mencapai 0,78 persen.

Secara tahunan dan ta­hun berjalan, laju inflasi Sumbar telah mencapai level yang cukup tinggi, masing-masing sebesar 5,10 persen dan 3,17 persen. Laju inflasi Sumbar tersebut, baik secara bulanan, tahunan maupun tahun berjalan, berada di atas nasional, yaitu masing-masing sebesar 0,22 persen (secara bulanan), 3,07 persen (secara tahunan), dan 1,97 persen secara tahun berjalan.

Kepala Kantor Bank In­donesia (BI) Sumbar, Puji Atmoko, Selasa (4/10) me­nyebutkan, secara nasional, inflasi Sumbar pada Sep­tember 2016 tersebut me­nempatkannya sebagai provinsi dengan laju inflasi ter­tinggi ke-4 setelah Su­matera Utara, NAD, dan Riau.

“Secara spasial, inflasi Sumbar disumbangkan oleh inflasi Kota Padang dan Bukittinggi yang masing-masing tercatat sebesar 0,58 persen (secara bulanan) dan 1,11 persen (secara tahunan). Inflasi tersebut menjadikan Kota Padang sebagai kota dengan laju inflasi tertinggi ke-15 dan Kota Bukittinggi ke-5 sebagai kota dengan inflasi tertinggi secara na­sional,” katanya.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 19:46:10 WIB

    Peduli Masyarakat Terdampak Covid-19, XL Axiata Bagikan Sembako di Padang

    Peduli Masyarakat Terdampak Covid-19, XL Axiata Bagikan Sembako di Padang HARIANHALUAN.COM - Bantuan dari Keluarga Besar PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus mengalir untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Berkolaborasi dengan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumatera Barat dan Ko.
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 06:13:14 WIB

    Sembako Meroket, Pemilik Rumah Makan Padang Enggan Naikin Harga

    Sembako Meroket, Pemilik Rumah Makan Padang Enggan Naikin Harga HARIANHALUAN.COM -- Meroketnya harga sembako, belum berdampak terhadap rumah makan Padang di Kota Padang. Salah seorang pengusaha masakan Padang, Mak Etek mengaku, tidak mau menaikkan harga meskipun harga kebutuhan pokok melo.
  • Ahad, 31 Mei 2020 - 18:13:23 WIB

    Usai Lebaran, Harga Ayam Potong di Padang Merangkak Naik

    Usai Lebaran, Harga Ayam Potong di Padang Merangkak Naik HARIANHALUAN.COM -- Tingginya permintaan masyarakat terhadap ayam potong usai Lebaran membuat harga komiditas tersebut mengalami kenaikan. Menurut salah satu pedagang, Iwan kenaikan harga selalu terjadi setiap tahun, apalagi .
  • Sabtu, 30 Mei 2020 - 11:32:37 WIB

    Mulai Dibuka, Transmart Padang Terapkan Aturan Ketat

    Mulai Dibuka, Transmart Padang Terapkan Aturan Ketat HARIANHALUAN.COM - Pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid 3 di Sumbar yang berlangsung hingga 7 Juni mendatang, sejumlah pusat perbelanjaan sudah mulai dibuka, termasuk Transmart di Kota Padang..
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 06:09:22 WIB

    Investor Baru di Pasar Modal Mendominasi dari Padang

    Investor Baru di Pasar Modal Mendominasi dari Padang HARIANHALUAN.COM -- Penyebaran investor di bursa efek di Sumbar masih terpusat di beberapa daerah saja, khususnya di Kota Padang. Bursa Efek Indonesia (BEI) perwakilan Sumbar mencatat, investor pasar modal terus bertumbuh. Ha.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]