Kebijakan Perbaikan Gizi Masyarakat


Kamis, 06 Oktober 2016 - 02:39:27 WIB
Kebijakan Perbaikan Gizi Masyarakat Ilustrasi.

Balita (usia 0-59 bulan) merupakan kelompok umur yang rentan terkena masalah gizi, padahal mereka adalah aset bangsa untuk kemajuan di masa datang. Masalah gizi adalah gangguan kesehatan seseorang atau masyarakat yang disebabkan oleh tidak seimbangnya pemenuhan kebutuhannya akan zat gizi yang diperoleh dari makanan. Masalah gizi (malnutrition), dibagi dalam dua kelompok yaitu masalah gizi-kurang (under nutrition) dan masalah gizi-lebih (over nutrition), baik berupa masalah gizi-makro ataupun gizi-mikro.

Gangguan kesehatan aki­bat masalah gizi-makro dapat dinilai secara antropometri yaitu berupa status gizi. Se­dang gangguan kesehatan akibat masalah gizi mikro disebut dalam bentuk  keku­rangan(defisiensi) zat gizi mikro tertentu, seperti kurang zat besi, ku­rang zat yodium, ku­rang zat zink, dan kurang vitamin A.

Salah satu arah kebijakan perbaikan gizi sesuai Perpres No.2 tahun 2015 tentang RPJ­MN adalah peningkatan sur­vei­lans gizi, termasuk peman­tauan per­tumbuhan. Kegiatan sur­vei­lans gizi meliputi kegia­tan pengumpulan dan pengo­la­han data, penyajian serta di­seminasi informasi bagi pe­mangku kepentingan. Infor­masi dari sur­veilans gizi di­man­faatkan oleh para pe­mang­ku ke­pen­­tingan un­tuk mela­ku­kan tindakan segera mau­­­pun untuk perencanaan pro­gram jangka pendek, mene­ngah maupun jangka panjang ser­ta untuk perumusan kebija­kan.

Salah satu kegiatan pe­ngum­pulan data dalam survei­lans gizi adalah kegiatan Pe­man­tauan Status Gizi (PSG) untukmemantau status gizi penduduk secara teratur setiap tahundan faktor-faktor yang terkait, dalam rangka menga­wal upayaperbaikan gizi agar dapat mencapai tujuan yang ditetapkan. Pemantauan status gizi bermanfaatsebagai sum­ber informasi yang ce­pat, aku­rat, teratur dan berkelanjutan yang dapat digunakan un­tuk perencanaan, pe­nen­tuan kebi­jakan dan mo­nitoring serta pengambilan tindakan inter­vensi juga untuk memenuhi kebutuhan data dan informasi berbasis bukti dan spesifik wilayah untuk daerah dan pusat.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 28 Desember 2015 - 03:30:42 WIB

    Kebijakan Penurunan BBM Menimbulkan Masalah Baru

    Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), resmi me­nurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar mulai per 5 Ja­nuari 2016. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]