Koto Kaciak dan Panti Nagari Tangguh Bencana


Kamis, 06 Oktober 2016 - 02:42:19 WIB

PASAMAN, HALUAN — Dua nagari rawan bencana di Kabupaten Pasaman, ditetapkan sebagai desa atau nagari tangguh bencana (Destana) tahun 2016 oleh pihak BNPB. Kedua nagari itu, yakni Koto Kaciak di Bonjol dan Nagari Panti di Kecamatan Panti.

Pihak BPBD setempat me­nganggap, kedua nagari ini dinilai memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi menghadapi ancaman ben­cana, serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang terjadi. "BNPB memiliki perhatian khusus dalam pembentukan Destana di dua nagari ini. Sebab, Pasaman termasuk daerah rawan bencana. Sama halnya dengan sejumlah kabupaten/kota lainnya di Sumbar," kata Kepala BPBD Pasaman, M Sayuti Pohan pada sosialisasi dan rapat koordinasi Desa Tangguh Bencana (Destana) di Hotel Flom Mitra, Lu­buk­sikaping (5/10).

Sejumlah dana dikucurkan pihak Badan Nasional Pe­nang­gulangan Bencana (BNPB) di Nagari Panti dan Koto Kaciak itu dalam upaya pengurangan resiko bencana. Selain itu, kata dia, penguatan kapasitas ma­syarakat nagari adalah upaya strategis untuk mengantisipasi dan pembenahan diri terhadap bencana. "Program fasilitasi ketangguhan masyarakat me­ru­pakan salah satu program yang akan dilaksanakan di Nagari Panti dan Koto Kaciak pada tahun ini. Destana di nagari itu baru tahap Pratama, karena ini baru awal," kata Pohan.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]