SMAN 3 Padang Bakal Resmikan Pusat Kajian Islam


Kamis, 06 Oktober 2016 - 03:24:11 WIB

PADANG, HALUAN — Se­kolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Padang bakal m­e­miliki fasilitas baru yakni Pusat Kajian Islam Surau Nurul Ilmi yang pengoperasiannya di­tandai dengan peresmian pada Minggu (9/10) mendatang. 

Kepala SMAN 3, Ra­ma­dan­syah menyampaikan Pusat Kajian Islam Surau Nurul Ilmi dibangun dalam rangka me­nunjang basis ekskul surau guna menunjang program ke­ter­pakaian di SMAN 3. Pro­gram tersebut berkenaan de­ng­an kearifan budaya lokal beru­pa mengadopsi pola surau tempo dulu yang disesuaikan dengan pola surau modern saat ini bagi peserta didik.

“Sehingga diharapkankan, akan menyiapkan peserta didik yang mampu mengenal, me­ma­hami, menghayati dan mengi­mani ajaran agama Islam. Sebagaimana kecerdasan sosial dan spiritual itu memang harus diaplikasikan bagi para siswa,” sebut Ramadansyah sewaktu ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (4/10).

Dia menyebutkan, dalam ekskul surau tersebut peserta didik akan ditempa seperti melaksanakan program Tahfidz Alquran, azan, mampu menjadi imam, menyelenggarakan je­nazah, memberi khutbah, tau­siah, ceramah, memimpin doa, debat ilmiah ala surau, ke­pandaian dasar padusi minang, randai atau silek serta berbagai kewirausahaan.

“Semuanya itu kita tujukan untuk siswa agar mendapatkan pembelajaran yang bermakna guna memiliki kecerdasan, sikap yang baik disertai ke­teram­pilan. Sehingga ketika setelah lulus menjadi alum­ni­pun, mereka akan bermanfaat bagi orang banyak terutama bagi diri sendiri,” harapnya. 


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]