Proses Pengurusan Ribet, Pembagian KIS/KIP Tidak Merata


Kamis, 06 Oktober 2016 - 05:11:39 WIB

PADANG, HALUAN —  Pem­bagian Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar (KIS/KIP) di Kota Pa­dang dianggab tidak me­rata, Rabu (5/10). Banyaknya warga yang kurang mampu tidak mendapatkan KIS/KIP tersebut.

Seorang warga Balai Ga­dang Kecamatan Koto Ta­ng­ah Padang, Lisma menga­takan, ia tidak pernah men­dapat KIS/KIP, meski dirinya pernah didata oleh orang kelurahan. “Saya sangat mem­butuhkan itu. Tapi, sampai sekarang belum ada kabar,” paparnya.

Lisma pantas berharap. Dia keluarga tak mampu. Suaminya semenjak tahun 2013 lumpuh akibat terkena stroke. Karena tidak mem­punyai biaya untuk berobat, suaminya hanya berobat al­ter­natif saja. Selain suami yang sakit, Lisma juga harus mem­biayai anaknya yang saat ini duduk di bangku per­kuliahan. Hal ini memaksa Lisma men­jadi Ibu dan se­ka­ligus kepala keluarga. “Saya berharap men­dapatkan KIS/KIP, untuk berobat suami dan sekolah anak saya,” ungkapnya

lanjutnya, hal ini pernah ditanyakanya kepada RT/RW setempat, bagaimana cara m­e­ngurus dan mendapatkan KIS/KIP, namun dia hanya men­dapat jawaban kalau mengurus KIP/KIS tersebut sangat susah. “Mendengar hal tersebut kami hanya pasrah saja,” ujarnya lagi.

Zulpadli Lurah Balai Ga­dang Zulpadli mengatakan bahwa pendataan KIS/KIP dilakukan langsung oleh Di­nas Sosial. Pihak kelurahan hanya menfasilitasi Dinas Sosial untuk mendapatkan data warga. “Ka­mi, pihak kelurahan hanya menfasilitasi saja. yang berhak mennen­tukan penerima KIS/KIP itu Dinas Sosial,” tegasnya

Senada dengan itu, Lurah Lubuk Buaya Ermon menga­takan bahwa kepengurusan KIS dan KIP memakan wak­tu setahun lamanya. Pen­dataan selalu dilakukan setiap 6 bulan satu kali, hal ini dilakukan agar penerima KIS/KIP yang telah pindah atau meninggal dapat digantikan dengan warga yang lain. (h/mg-rul)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 20 Mei 2019 - 19:53:57 WIB

    Penghapusan Makam Masih Proses Pendataan

    Penghapusan Makam Masih Proses Pendataan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Terkait penghapusan makam yang tidak diperpanjang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) masih melakukan pendataan. Sembari itu, saat ini penghapusan makan sedang dalam penyusunan Peraturan Wali Kota (perwak.
  • Kamis, 10 Januari 2019 - 14:47:20 WIB

    Lampu PJU Dua Bypass, Januari Ini Proses Serah Terima

    Lampu PJU Dua Bypass, Januari Ini Proses Serah Terima PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Setelah beroperasi dalam beberapa minggu terakhir, lampu Penerangan Jalan Utama (PJU) jalur dua Bypass Kota Padang direncanakan akan melakukan proses serah terima pada bulan Januari. Saat ini, pih.
  • Sabtu, 26 November 2016 - 01:44:14 WIB
    INSTRUKSI DPW KE DPD NASDEM PESSEL

    Proses Wakil Rakyat yang Pukul Wali Nagari

    PADANG, HALUAN —Se­kretaris DPW NasDem Sum­bar, Marhadi Efendi instruk­sikan DPD Nasdem Pesisir Selatan untuk memanggil dan memproses Asril Datuak Putiah selaku Anggota De­wan Perwakilan Rakyat Dae­rah (DPRD) Pessel da.
  • Senin, 25 Juli 2016 - 11:22:52 WIB
    KASUS HUKUM PENYANDANG DISABILITAS

    HWDI: Pastikan Proses Hukum yang Adil

    PADANG, HALUAN — Him­pu­nan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Sumbar, mendorong Polres Kota Pa­dang untuk memastikan pro­ses hukum yang adil bagi pe­rempuan penyandang disa­bi­litas korban kekerasan..
  • Rabu, 08 Juni 2016 - 03:13:32 WIB
    Pembebasan Jalan Sandang Pangan

    Sedang Proses Penimbunan

    PADANG, HALUAN — Pembebasan Jalan Sandang Pangan mulai dari pemindahan pedagang, pembersihan hingga pengaspalan memakan waktu hingga 60 hari pengerjaan..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM