PERDA NOMOR 11 SERUPA PEPESAN KOSONG

Pemko Legalkan Baralek di Jalan


Kamis, 06 Oktober 2016 - 05:12:25 WIB

PADANG, HALUAN — Pelarangan penggunaan jalan untuk kepentingan pribadi, terutama untuk baralek sudah termaktub di dalam Perda Tibum. Namun, Perda itu seolah pepesan kosong. Warga acuh. Tenda tetap tegak di tengah jalan. Sementara, Pemko seolah lepas tangan, malah menerbitkan aturan yang berlawanan dengan Perda Tibum. Ini aneh.

Tenda baralek di tengah jalan, ini adalah fenomena baru di Kota Padang. Setiap akhir pekan, ada saja orang baralek memakai ruas jalan, tanpa memikirkan kemacetan nan terjadi. Mereka, tuan rumah, berbahagia dengan pesta. Pengguna jalan me­ng­gurutu sejadinya.

Kondisi demikian tentu tak baik. Bagaimana jua, jalan merupakan hak publik, nan tak boleh digunakan untuk kepentingan pribadi. Baralek contohnya. Masyarakat harus sadar, kalau kepentingan um­um harus diletakan di atas kepentingan pribadi. Baralek di jalan, juga tidak membuat hebat, tapi malah meng­hadir­kan gerutuan. Warga malah menyumpah. Mengutuk.

Namun anehnya, walau kritikan sudah sedemikian hebat, Pemko Padang malah memberikan kelonggaran, kepada pihak-pihak yang akan menggunakan ruas jalan untuk baralek. Ada aturan khusus yang dibuat untuk itu, diluar aturan yang ada sekarang ini.

Adanya aturan khusus diungkapkan Wali Kota Pa­dang. Menurut Wako, jika memang warga tidak me­miliki tempat pilihan lain untuk baralek, boleh meng­gunakan badan jalan, dengan tetap memperhatikan be­berapa aturan.

“Penggunaan badan jalan untuk pesta ini ada aturan yang mengikatnya. Jika jalan yang digunakan untuk pesta berada di jalur utama ataupun jalur lintas provinsi, maka dipastikan tidak boleh. Na­mun untuk jalan dalam kota, izin pemakaian badan jalan hanya diberikan sepertiga dari luas jalan itu sendiri,” sebut Walikota Padang, Mahyeldi Ansarullah, Selasa (4/10).

Dengan kata lain, Pemko tak melarang secara tegas penggunaan jalan. “Pe­ma­kaian hanya diperbolehkan untuk jangka waktu maksimal dua hari dua malam. Selain itu penutupan jalan harus di­sesuai­kan dengan kondisi jalan. Satu hari sebelum hari dan malam hari setelah pesta harus dilepas,” tutur Mah­yeldi.

Kebanyakan warga saat sekarang ini seenaknya saja main tutup jalan. Mereka memakai jalan hingga lima hari lamanya. Tentu hal ini sudah mengganggu kenya­man dari pengguna jalan. “Itu yang tak boleh,” ungkap orang nomor satu di Kota Padang itu.

Selain itu, Mahyeldi juga mengimbau Camat dan Lu­rah mengawasi yang me­ma­kai badan jalan untuk ke­pen­tingan pesta pernikahan. “Harus ada koordinasi yang jelas antara Camat dengan warga yang ingin meng­gunakan badan jalan. Selain itu, Camat pun harus men­jelaskan mengenai aturan pemakaian badan jalan untuk baralek,” imbau Mahyeldi.

Izin Penggunaan Jalan ke Polisi

Wakil WaliKota Padang Emzalmi menyatakan, bagi warga yang ingin mengguna­kan jalan sebagai tempat pernikahan harus meminta izin terlebih dahulu kepada pihak kepolisian. “Izinnya ke polisi,” ucap Emzalmi.

Selain itu yang perlu diperhatikan adalah peng­gunaan badan jalan hanya diperbolehkan saja sebagian. Agar tidak ada pengalihan jalan ketika jalan tersebut ditutup. “Urus dahulu surat izinnya untuk pemakaian badan jalan. Selain itu jangan menutup seluruh badan jalan untuk kepentingan pesta,” ucap Emzalmi.

Bertentangan dengan Perda

Ungkapan Wako Mah­yeldi dan Emzalmi seakan ber­la­wanan dengan aturan yang termaktub di dalam Perda Nomor 11 Tahun 2005 tentang Ketertiban Umum dan Keten­traman Masyara­kat. Pasal 2 dalam Perda jelas-jelas menga­tur larangan peng­gunaan tro­toar dan badan jalan.

Dalam butir keempat disebutkan, warga dilarang menggunakan ruas jalan atau trotoar untuk kepentingan pribadi. Jika tetap bersikeras melanggar aturan, pelakunya terancam 6 bulan kurungan penjara atau denda paling banyak Rp5 juta.

Namun, Perda tersebut tidak diterapkan. Serupa pepesan kosong saja. Tertulis di kertas semata, sebab tidak adanya kontrol yang dila­kukan Pol PP, sebagai pe­tugas yang berwenang dan regulasi. Kondisi di pper­parah dengan aturan khusus, di luar aturan yang ada dalam Perda Tibum. (h/mg-mel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]