KESADARAN WARGA SANGAT KURANG

Sampah Berserakan di Luar Kontainer


Kamis, 06 Oktober 2016 - 05:13:41 WIB
Sampah Berserakan di Luar Kontainer KENDATI sudah ada bak sampah, namun sampah tetap berserakan di dekat Jembatan Siteba, Padang, Selasa (4/10). Tumpahan sampah ini membuat pengendara dan masyrakat yang lewat merasa tidak nyaman.

PADANG, HALUAN — Kesa­daran ma­syarakat Kota Padang akan kebersihan ternyata masih jauh dari harapan. Pasal­nya, di beberapa titik di Kota Padang masih ditemukan sampah me­numpuk hingga ber­serakan. Bahkan sampah ditumpuk di luar kontainer sampah yang sudah di­sediakan.

Pantauan HALUAN di Jalan Veteran, terlihat masyarakat yang membuang sampah di luar bak yang telah di sediakan. Herman (37), pedagang yang berjualan sayur keliling, menga­ku membuang sampah di luar kontainer karena bak sampah yang disediakan, pintunya kecil. “Saya kesulitan ketika mem­buang sampah, karena sampah saya besar. Seharusnya Dinas Kebersihan Padang menye­diakan kontainer yang terbuka,” ujarnya.

Hal serupa terhadi di kawasan Lubuk Buaya, tepatnya di Simpang Ka­lum­pang. Di sana, ter­dapat beberapa kon­tainer sampah yang dirasa men­cukupi tampungan sam­pah. Namun, yang terlihat sampah malah menumpuk di sebe­lah kontainer. Ada kontainer sampah yang sudah penuh dan ada kon­tainer yang masih kosong. “Bau sampah sangat me­ngang­gu kami yang ti­nggal di sini. Menyengat,” ujar Mis (43).

Tuturnya lagi, masya­ra­kat sudah menge­luh­kan­nya kepada Lurah. Tapi yang ada, Lurah malah mengaku sudah ke­wala­han. Dalam meningkatkan penertiban sampah, Ke­ca­matan Koto Tangah akan mem­berikan sanksi tegas kepada masyarakat yang membuang sampah sem­barang­an. Peraturan itu ditegaskan dalam Perda Nomor 21 Tahun 2012 yang memberi ke­we­nangan  besar kepada keca­matan dan kelurahan.

Sekretaris Kecamatan Koto Tangah Magdhalena menga­takan, akan mengkaji ulang lagi masalah sampah yang ada di Kecamatan Koto Tangah. Selain itu, diharapkan kerja sama antara masyarakat dengan pe­me­rintah dan petugas keber­sihan dalam mengatasi sampah.

Selain aturan yang tegas, Koto Tangah juga akan men­coba inovasi baru untuk me­ngu­rai sampah. Dimana akan mem­perkerjakan pemulung dalam mengawasi kontainer sampah yang ada di Koto Tangah se­hing­ga sampah tidak berserakan. 

Dalam meningkatkan pe­ner­tiban sampah, Kecamatan Koto Tangah akan memberikan san­ksi tegas kepada masyarakat yang membuang sampah sem­barangan. Peraturan ini di­tegas­kan dalam Perda Nomor 21 tahun 2012 yang memberi ke­we­nangan  besar kepada keca­matan dan kelurahan. “Ma­syarakat harus taat aturan,” paparnya. (h/mg-rul)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]