Buku Penjaskes Berbahasa Vulgar Juga Beredar di Pasbar


Kamis, 06 Oktober 2016 - 05:18:16 WIB

PASBAR, HALUAN — Setelah membuat heboh Kabupaten Pasaman, giliran Kabupaten Pasaman Barat yang ke­colongan soal peredaran buku Penjaskes yang sarat dengan bahasa vulgar. Rabu (5/10), Haluan mendapati buku yang sudah beredar sejak 2011 lalu itu di salah satu Sekolah Dasar (SD) di Pasaman Barat.

Penelusuran Haluan ke SD 09 Pasaman, Kab. Pasbar, dite­mukan buku Penjaskes pada bab 5 yang memuat soal-soal latihan organ tubuh manusia, seperti halnya buku Penjaskes yang sebelumnya sudah beredar luas di sejumlah SD di Ka­bupaten Pasaman. Namun, pi­hak sekolah mengakui sudah tidak lagi menggunakan buku tersebut.

“Kami tidak tahu buku itu berisikan konten vulgar. Setelah santer diberitakan, barulah kami lihat, ternyata memang isi bukunya tidak cocok untuk murid SD,” ujar salah seorang SDN 09 Pasaman yang tidak mau disebutkan namanya.

Ia menambahkan, buku ter­sebut rencananya akan dikem­balikan kepada UPTD Pen­didikan, sebab aset buku ter­sebut juga harus jelas. Namun, pihaknya sebagai guru me­ny­a­yangkan hal itu terjadi itu bisa terjadi. “Sebagai guru, sebelum buku panduan kita baca ber­sama murid, pastilah kita baca terlebih dahulu. Harapan kita ke depan jangan terulang lagi,” harapnya.

Kabid Diksar Dinas Pen­didikan Pasaman Barat, Zul­karnain mengakui buku ter­sebut memang ada dan akan ditarik secepatnya dari sekolah-se­kolah. Pihaknya sudah pe­rintahkan UPTD Pendidikan yang ada di kecamatan untuk menarik buku itu. “Kita tidak ingin mencari siapa yang salah, namun kita antisipasi dengan penarikan kembali buku ter­sebut,” urai Zulkarnain.

Kuat dugaan, buku Pen­jaskes berkonten seksual itu beredar di 266 SD di Pasbar. Sebab, bantuan dana BOS ta­hun 2011 tersebut masih berada di pustaka masing-masing se­kolah.

Ketua Aliansi Masyarakat Bersatu (AMB) Pasbar Devi Irawan menyayangkan kerja Disdik lamban. Buku sudah ada di sekolah sejak tahun 2011, Disdik mengaku tidak tahu. “Jadi Disdik tidak pernah meng­kroscek buku yang diterimanya. Ternyata diserahkan langsung ke sekolah. Ini Disdik yang lamban dan tidak menjalankan fung­sinya sebagai pengawas pen­didikan,” terang Devi Ira­wan.

Devi menambahkan, pela­jaran seperti itu belum pantas diterima oleh murid SD. “Tidak salah jika setiap hari ada saja kenalakan remaja yang berbau pornografi karena di buku pelajaran dijelaskan seperti itu,” tutup Devi Irawan mengakhiri.

Segera Tarik

Dinas Pendidikan dan Ke­bu­dayaan Sumbar turut me­nye­salkan beredarnya buku pe­lajaran untuk anak SD ber­ba­hasa vulgar. Disdikbud Sumbar berharap buku yang hak cip­tanya dimiliki Kementerian Pendidikan tersebut segera ditarik.

“Kita berharap buku itu segera ditarik karena bahasa yang terdapat dalam buku ter­sebut masih sangat vulgar untuk anak-anak kelas V SD,” sebut Kepala Bidang Pen­didikan Dasar (Dikdas) Dinas Pen­di­dikan dan Kebudayaan Sum­bar, Bustavidia, Rabu (5/10).

Disdikbud Sumbar sendiri terangnya, telah mendapatkan informasi terkait peredaran buku pelajaran olahraga dan kesehatan tersebut. Diketahui, buku itu telah beredar luas hampir di seluruh SD di Pa­saman dan Pasaman Barat.

Diketahui, buku berjudul “Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan: untuk Siswa SD-MI Kelas 5” setebal 144 ha­laman itu, dikarang oleh Dadan Heryana dan Giri Verianti, di­terbitkan oleh Acarya Media Utama yang dialihkan Hak Cipta kepada Kementerian Pendidikan Nasional. Ke­mu­dian, diterbitkan kembali oleh Pusat Perbukuan Ke­men­terian Pendidikan Nasional pada ta­hun 2010. (h/idn/ows/mg-rul)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 01 Maret 2020 - 12:02:55 WIB

    Buku Tuangku Shaliah Diluncurkan

    Buku Tuangku Shaliah Diluncurkan PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pondok Pesantren Madrasatul 'Ulum Lubuk Pandan, Padang Pariaman memeperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, sekaligus peluncuran buku Buya H. Abdullah Aminuddin Tuangku Shaliah (1908-1996) M.
  • Senin, 17 Juni 2019 - 15:39:56 WIB

    Perpustakaan Adinegori Miliki 13.821 Judul dan 31.549 Buku

    Perpustakaan Adinegori Miliki 13.821 Judul dan 31.549 Buku SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Keberadaan Perpustakaan Daerah Adinegoro dibawah naungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto dirasakan mampu menjadi daya tarik bagi warga kota untuk menambah pengetahuan melalui ba.
  • Kamis, 02 Mei 2019 - 16:55:19 WIB

    45 Guru Sawahlunto Hasilkan 47 Judul Buku

    45 Guru Sawahlunto Hasilkan 47 Judul Buku SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Semangat literasi mulai tumbuh di dunia pendidikan Kota Sawahlunto. Setidaknya 45 guru di Kota Wisata Tambang Berbudaya itu, mulai menghasilkan karya berupa buku, yang dapat menambah khasanah du.
  • Jumat, 11 Januari 2019 - 11:00:20 WIB

    Ketua Komisi I DPRD Sumbar Dukung Diamankannya Buku yang Diduga Berbau PKI

    Ketua Komisi I DPRD Sumbar Dukung Diamankannya Buku yang Diduga Berbau PKI PADANG, HARIANHALUAN.COM--Dukungan penyitaan buku yang diduga berbau PKI juga disampaikan Ketua Komisi I DPRD Sumbar yang membidangi pemerintahan, Afrizal. Ia ikut mengapresiasi langkah Kodim 0312 Padang bersama Kejaksaan N.
  • Selasa, 27 Februari 2018 - 15:03:03 WIB

    Buku Parewa Sato Sakaki Papa Rusli Akan Diterbitkan

    Buku Parewa Sato Sakaki Papa Rusli Akan Diterbitkan Penyair kenamaan Sumatra Barat, Rusli Marzuki Saria (RMS), selain menulis puisi, juga menulis esai. Saat menjadi redaktur budaya di Harian Haluan, ia membuat kolom esai Monolog dalam Renungan. Kumpulan esai itu telah dibuk.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]