Catat!, UMP di Sumbar Bisa Capai Rp2 Juta


Jumat, 07 Oktober 2016 - 14:08:53 WIB
Catat!, UMP di Sumbar Bisa Capai Rp2 Juta

PADANG, HALUAN--Diperkirakan, Upah Minimum Provinsi (UMP) Sumbar bisa mencapai 2 juta, jika penghitungan tetap mengacu pada PP Nomor 78/2015.

Sesuai PP Nomor 78/2015 formula penghitungan UMP yaitu UMP tahun depan = UMP tahun berjalan + (UMP tahun berjalan x (inflasi + pertumbuhan ekonomi). Contohnya, saat ini UMP tahun berjalan di Sumbar senilai Rp1.800.725.

Jika diasumsikan inflasi nasional mencapai 5 persen saja, ditambah dengan pertumbuhan ekonomi 5 persen, maka paling tidak kenaikan UMP mencapai Rp180.000. Dengan itu diperkirakan UMP Sumbar Rp1.980.000.

Jumlah tersebut jika inflasi, ditambah pertumbuhan ekonomi hanya mencapai 10 persen. Namun, dengan pergerakan ekonomi nasional belakangan, inflasi cenderung lebih tinggi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar, Nasrizal mengatakan, meskipun penghitungan tetap menggunakan formula yang sudah ditetapkan oleh PP Nomor 78/2015. Namun saat ini pihaknya belum bisa menghitung, karena angka inflasi nasional dan angka pendapatan domestik regional bruto PDRB belum ada dari Kementrian Tenaga Kerja.

Ia juga mengatakan, hasil penghitungan akan diumumkan pada tanggal 1 November 2016 nanti. Penghitungan nilai UMP tetap dilakukan oleh Dewan Pengupahan Provinsi yang mengacu pada PP 78/2015, kemudian Dewan Pengupahan mengajukan pada gubernur untuk ditetapkan melalui keputusan gubernur. (h/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]